Kamis, 24 Mei 2018

Serahkan Daftar Nama Anggota, 9 Parpol Diberikan Waktu Tiga Hari

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberikan waktu selama 3 hari kepada partai politik (parpol) yang belum menyerahkan daftar nama anggota, salinan kartu tanda anggota (KTA) dan KTP elektronik atau surat keterangan (suket). Pemberian penambahan waktu tersebut menindaklanjuti pelaksanaan putusan Bawaslu RI.

Komisioner KPU Kota Serang M. Hopip mengatakan, secara nasional ada sembilan parpol yang diberikan waktu tiga hari untuk menyerahkan daftar anggota, salinan KTA dan KTP atau suket tersebut. Kesembilan partai politik itu yakni PKPI, Partai Idaman, PBB, Partai Bhineka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Indonesia Kerja dan Partai Swara Rakyat Indonesia.  “Waktu yang diberikan mulai tanggal 20 hingga 22 November 2017 dan ditutup pukul 00.00 (12 malam),” ujar M. Hopip di ruangannya, Senin (20/11/2017).

Di tingkat Kota Serang, ungkap Hopip, ada 17 parpol yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan dengan menyerahkan berkas yang jumlah keangotaannya melebihi 630. Partai tersebut ialah PSI sebanyak 736, Partai Nasdem sebanyak 888, Partai Perindo sebanyak 1.206, Partai Gerindra sebanyak 1.353, Partai Berkarya sebanyak 854, PAN sebanyak 1.480, PKS sebanyak 718, Partai Golkar sebanyak 1.540.

Kemudian, PPP sebanyak 1.210, Partai Hanura sebanyak 1.401, PKB sebanyak 1.394, PDI Perjuangan sebanyak 1.291, Partai Demokrat sebanyak 1.103, PBB sebanyak 1.350, Partai Garuda sebanyak 707, Partai Republik sebanyak 716, dan PKPI sebanyak 1.006. “Nanti kita akan lihat jumlah keanggotaan parpol secara administrasi baru kita lakukan verifikasi administrasi (parpol yang daftar gelombang kedua),” ujar M. Hopip.

M. Hopip menjelaskan, selama proses verifiksi administrasi terhadap 17 parpol, KPU menemukan adanya keanggotaan yang ganda. Oleh karenanya, temuan tersebut menjadi catatan dan ditanyakan langsung kepada anggota partai. “Yang ganda kita datangi dan kita tanyakan dia sebagai anggota partai mana? sebenarnya yang TMS (tidak memenuhi syarat) banyak, oleh karenanya kita berikan waktu perbaikan pada tanggal 1 Desember nanti,” tutur M. Hopip. (FI)***


Sekilas Info

Aktivitas Nelayan di Bulan Ramadan, Menantang Dahaga di Lautan

Ramadan memang bulan yang didalamnya penuh berkah. Berbagai cara dilakukan masyarakat, khususnya umat muslim dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *