Sepanjang 2019, Wali Kota Serang Klaim Bangun 22 Jalan Perumahan

Syafrudin, Wali Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Wali Kota Serang Syafrudin mengklaim sudah membangun sebanyak 22 ruas jalan perumahan sepanjang tahun 2019. Hal itu karena, masih ada pihak pengembang yang belum menyerahkan fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) kepada Pemkot Serang.

“Tahun 2019 ini kita sudah membangun 22 perumahan termasuk (jalan) Griya Lopang ini,” kata Syafrudin usai meninjau pembangunan jalan di Taman Mutiara Indah (TMI) I dan Griya Lopang, Selasa (12/11/2019).

Ia menargetkan, dua tahun ke depan semua fasos dan fasum perumahan di Kota Serang bisa diserahkan ke Pemkot. Sehingga, pihaknya bisa melakukan pembangunan lebih luas lagi. “Insyaallah itu akan diselesaikam tahun 2020 dan 2021, bertahap kita akan bangun mudah-mudahan di 2021 itu akan selesai,” ucap dia.

Pada meninjau pembangunan itu, ia menyatakan kontraktor sudah melakukan pekerjaan sesuai sepsifikasi, yaitu untuk hotmik di TMI 1 sepanjang 1,30 km dan konstruksi beton di Griya Lopang sepanjang 175 meter dengan lebar 6 meter dan tebal 15 cm. “Nanti ke depan gak dikasih kegiatan lagi (kalau kontraktor nakal) dan itu kan nanti diperiksa BPK inspektorat,” tutur dia.

Ia berharap, setelah akses jalan dibangun oleh Pemkot. Masyarakat setempat bisa memelihara jalan yang sudah bagus agar tidak cepat rusak. “Harapannya terutama kepada masyarakat untuk bisa merawat jalan yang sudah dibangun, kapasitasnya jangan melebihi tonase,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, perbedaan pembangunan dua ruas jalan itu karena kondisinya berbeda-beda. Namun, anggarannya sama sebesar Rp 400 juta. “Speknya kira melihat kondisi real lapangan, kalau ini kan (Griya Lopang) terlihat lebih labil,” kata Iwan.

Selanjutnya, ujar dia, pada tanggal 15 November mendatang. Pihaknya akan meresmikan penyerahan fasos dan fasum dari 18 perumahan di Kota Serang. Saat ini, total fasos dan fasum perumahan yang sudah diserahkan sebanyak 50 perumahan. “Itu masih (ada yang belum diserahkan) termasuk Kota Serang Baru (KSB) belum diserahkan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Serang Tubagus Yasin mengaku sangat senang atas pembangunan ruas jalan di wilayah Kecamatan Serang. Sehingga, akses warga menjadi semakin baik. “Saya sangat berterimakasih, karena di Kecamatan Serang masih ada beberapa ruas jalan perumahan yang rusak,” kata dia.

Kecamatan Serang sendiri, ujar dia, merupakan wilayah yang banyak perumahan. Sehingga, diakuinya bahwa saat inu belum semua pengembang menyerahkan asetnya ke Pemkot Serang. Namun, ia akan mengupayakan untuk berkomunikasi dengan pihak pengembang. “Saya akan upayakan, karena Pak Wali Kota menargetkan tahun 2021 semua jalan sudah bagus,” ujarnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here