Sempat Dikejar Subadri, Puluhan ASN Pemkot Serang ‘Bolos’ Pengajian

SERANG, (KB).- Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang “bolos” pengajian bulanan, dari Kantor Puspemkot Serang seusai apel pagi, Senin (9/12/2019).

Padahal, pengajian rutin tersebut, diperuntukkan bagi seluruh ASN Pemkot Serang, yang sekaligus disertai dengan peringatan satu tahun kepemimpinan “Aje Kendor”.

Melihat kondisi tersebut, Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin dengan cepat berlari menuju gerbang Puspemkot Serang untuk menutupnya.

Sambil menegur beberapa ASN yang hendak pergi, dia mengunci gerbang dan menginstruksikan para pegawai untuk kembali dan mengikuti pengajian. Ia kesal dengan tindakan ASN tersebut, karena pengajian tersebut hanya dilakukan sekali dalam sebulan.

“Coba dong tolong hargai kami di sini, kan masih ada pengajian, kenapa ini pada pulang, pada pergi duluan. Sini balik lagi, semuanya ke sini lagi, kumpul lagi, jangan pada kabur,” katanya dengan nada kesal sambil mengunci Gerbang Puspemkot Serang, Senin (9/12/2019).

Kegiatan pengajian tersebut, ujar dia, hanya dilakukan sekali dalam sebulan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, dia tidak menerima alasan ASN yang mengaku akan mengikuti rapat di tempat lain.

“Ini tidak setiap hari, hanya sekali dalam sebulan. Balik dulu semua, ikut pengajian. Tidak ada alasan, harus ikut semua,” ucapnya.

Ia sengaja menahan para ASN, agar tidak pulang, dengan harapan mereka dapat mendengarkan arahan dan wejangan dari kepala daerah, sehingga dapat dipahami serta dimengerti, selain itu dapat terjalin hubungan yang baik antarsesama pegawai dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.

“Ini juga kan dalam momentum setahun kepemimpinan kami. Jadi, ASN harus mendengarkan wejangan dan arahan dari pak wali kota. Bukan marah, hanya saja mengingatkan kepada ASN, setiap bulannya pemkot memiliki agenda rutin pengajian bulanan. Dengan tujuan selain bersilaturahmi, juga untuk meningkatkan pengetahuan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi Muhsinun mengatakan, sebenarnya bukan karena kurang disiplin. Akan tetapi, kebetulan ada beberapa OPD yang menyelenggarakan kegiatan lain, sehingga para pegawai ingin segera datang ke tempat kegiatan tersebut.

“Jadi, mereka mau langsung ke tempat kegiatan. Tapi pak wali dan pak wakil ingin fokus ikut acara di pemkot, yaitu satu tahun penyelenggaraan Pemerintahan Aje Kendor. Akhirnya, kegiatan yang kadung diagendakan tadi diundur waktunya jadi jam 13.00 WIB,” katanya.

Ia menjelaskan, setiap Senin para pegawai dan ASN apel pagi di Puspemkot Serang beserta semua OPD, sedangkan Selasa sampai Kamis apel pagi dilakukan di masing-masing OPD.

“Hari Jumat tidak ada apel, karena langsung senam jantung sehat dan bebersih lingkungan kantor,” ujarnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here