Sabtu, 20 Oktober 2018

Semarakkan Ramadan, ODOJ Banten Gelar Banten Mengaji

CILEGON, (KB).- Dalam upaya mengisi dan menyemarakkan bulan Ramadan 2018, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Provinsi Banten akan menggelar kegiatan Banten Mengaji dan Itikaf di Masjid Raya Al Bantani KP3B, Kota Serang, selama dua hari satu malam pada 26-27 Mei 2018.

Ketua ODOJ Banten Deden Sunandar menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan “Pesona Ramadan Banten”. Rangkaian acaranya meliputi Seleksi Olimpiade Pencinta Quran (S-OPQ), Banten Mengaji, Itikaf dan lainnya.

“Kegiatan ini merupakan sebuah upaya syiar untuk mengajak masyarakat meningkatkan rasa cinta yang dilanjutkan dengan aksi membaca alquran, khususnya bagi masyarakat Banten,” kata Deden.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat dalam membaca alquran.

“Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini didukung oleh DKM Masjid Raya Albantani dan LPTQ Banten. Kami melihat Masjid Raya Albantani yang terletak di Pusat Pemerintahan Provinsi Banten dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata Islami,” kata Deden.

Sementara itu, Seleksi Olimpiade Pecinta Quran merupakan agenda rutin yang dilakukan dua tahun sekali. Kegiatan ini digelar dalam rangka mensyiarkan alquran kepada masyarakat.

“Selain itu, S-OPQ Banten diadakan untuk mencari peserta terbaik yang akan mewakili ODOJ Banten dalam ajang Olimpiade Pecinta Quran Nasional yang akan diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada bulan September 2018,” ujar Deden.

Cabang musabaqoh dalam S-OPQ meliputi Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), dan Tafsir Qur’an (TQ). Masing-masing cabang memiliki beberapa kategori. Di antaranya kategori dewasa laki-laki, kategori dewasa perempuan, dan kategori anak-anak. Khusus untuk Cabang Tafsir Quran hanya ada dua kategori, yaitu kategori Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab.

Ketua pelaksana kegiatan Pesona Ramadan Banten Dede Nurkholis menjelaskan untuk S-OPQ, sampai saat ini, masih membuka pendaptaran dua kategori yaitu MTQ dan TQ. Sementara untuk HQ sudah ditutup.

“Kami juga mengajak dan mengundang seluruh masyarakat Banten untuk bergabung pada acara silaturahim pencinta quran, kita khataman quran bersama dan itikaf mengkaji tafsir quran dalam kajian alquran ala ustadz,” katanya. (KO)*


Sekilas Info

Kursi Wakil Walikota Cilegon, Usulan Rekomendasi DPP Partai Golkar: Ratu Ati Marliati Dapat Sinyal Positif

CILEGON, (KB).- Langkah Ratu Ati Marliati maju dalam perebutan kursi Wakil Wali Kota Cilegon melalui pemilihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *