Rabu, 24 Oktober 2018

Seleksi Calon Sekda Kabupaten Serang, 6 Pejabat Bersaing

SERANG, (KB).- Enam pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bersaing untuk mendapatkan posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang. Mereka telah mengembalikan formulir pendaftaran dan resmi mengikuti seleksi yang dilakukan panitia seleksi (pansel) lelang jabatan tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Karier Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan, sampai hari terakhir pendaftaran dan pengembalian formulir, Jumat (4/5/2018), hanya enam pejabat yang mengembalikan formulir dari tujuh pejabat yang mengambil formulir.

Diketahui sebelumnya, tujuh pejabat yang mengambil formulir pendaftaran, yaitu Abdullah (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Asep Nugraha Jaya (Kepala Dindikbud), Odi Budiono (Sekretaris DPRD), Hamdani (Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah), Tubagus Entus Mahmud (Kepala BKPSDM), Ida Nuraida (Staf Ahli Bupati), dan Nana Sukmana (Kepala BPBD).

“Dari tujuh orang yang daftar itu, hanya enam orang yang mengembalikan, yang tidak mengembalikan formulir itu Kadis Pendidikan, pak Asep, mungkin karena kesibukannya jadi tidak bisa,” katanya.

Setelah penutupan pendaftaran, ujar dia, selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi oleh pansel. “Malam ini langsung dilakukan seleksi administrasi oleh pansel. Nanti pekan depan antara Senin (7/5/2018) atau Selasa (8/5/2018) di mumkan siapa yang lolos administrasi. Selanjutnya, Rabu (9/5/2018) Insya Allah kalau tidak ada halangan dilakukan tes kesehatan di RS dr Drajat Prawiranegara,” ucapnya.

Ia menuturkan, selain tes kesehatan, juga langsung tes assessment, penulisan makalah, dan nanti langsung ke penelilaian rekam jejak, tes wawancara. “Setelah itu pansel merekap seluruh hasil nilainya dan dibuat peringkat, kalau enam orang itu lolos, maka dibuat peringkat sampai enam,” tuturnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan, pansel merekomendasikan ke bupati sesuai peringkatnya. Jadi, nanti ada dua laporan, pertama laporan terkait seleksi, bahwa pansel telah melaksanakan seleksi sesuai aturan dari A-Z dan sudah didapatkan hasilnya.

“Di situ nanti ada peringkatnya, jadi di laporan itu, misalnya berbunyi, kami (pansel) rekomendasikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, direkomendasikan tiga orang, nanti terserah bupati,” katanya.

Selain melaporkan dan merekomendasikan ke bupati, ujar dia, pansel juga harus mengirim surat atau laporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), bahwa sudah melakukan open bidding, disampaikan juga tahapannya, hasil akhir penilaian juga disampaikan ke KASN.

“Jadi, KASN juga akan menilai tiga besar yang disampaikan itu, nanti KASN mengirim surat ke bupati yang menyatakan terkait seleksi tersebut, misalnya proses nya sudah sesuai aturan dan arahan KASN, silakan pilih dari tiga besar itu atau kalau ada kekurangan dalam prosesnya, misal ada minta pengulangan tes, itu disampaikan juga oleh KASN ke bupati,” ucapnya.

Ia mengatakan, hasil seleksi pansel juga dievaluasi oleh KASN, semua dilihat mulai dari tahapannya apakah sudah sesuai aturan dan arahan KASN atau belum.

“Sebelum mulai open bidding-nya juga kan kami sudah upload tahapannya dari awal di website KASN dan sudah diberi arahan, jadi hasilnya juga dievaluasi lagi. Sehingga, tetap terpantau oleh KASN,” tuturnya.

Bahkan, dia melanjutkan, jika belum ada rekomendasi KASN, bupati belum bisa melantik sekda terpilih.

“Jadi, nanti kan ada rekomendasi KASN ke bupati itu misalnya bunyinya kami (KASN) menyetujui apa yang sudah dilakukan, karena sudah sesuai aturan dan dengan yang kami arahkan, silakan dipilih dari tiga besar dan lakukan pelantikan, begitu contoh rekomendasi KASN-nya,” katanya.

Ia menuturkan, setelah pelantikan, pemkab juga harus melaporkan ke KASN. “Nanti setelah pelantikan, kami juga laporan lagi ke KASN, kami sampaikan SK-nya, bahwa sudah dilantik sekdanya,” ujarnya. (YY)*


Sekilas Info

Pindah Domisili tak Perlu Surat Pengantar RT/RW

MENGURUS surat pindah domisili kini tak perlu ribet lagi. Jika dulu harus menyertakan surat pengantar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *