Seleksi Calon Komisioner KPU Tiga Kabupaten/Kota di Banten, 30 Nama Digodok KPU RI

Eka Satialaksmana, Anggota KPU Provinsi Banten.*

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang menggodok nama-nama calon anggota KPU tiga kabupaten/kota di Provinsi Banten yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang. Dari 30 nama yang sudah melalui fit and proper test tersebut, akan mengerucut dan dipilih menjadi anggota KPU di tiga kabupaten/kota tersebut.

Anggota KPU Provinsi Banten, Eka Satialaksmana menuturkan, pihaknya telah menyerahkan hasil fit and proper test kepada KPU RI. Selanjutnya keputusan yang terpilih menjadi kewenangan KPU RI. “Tinggal nunggu putusan KPU RI,” katanya saat dihubungi Kabar Banten melalui pesan WhatsApp messenger, Ahad (9/12/2018).

Ia mengatakan, tidak mengetahui secara pasti kapan KPU RI akan mengumumkan nama-nama yang terpilih. Sebab, sepenuhnya sudah menjadi kewenangan KPU RI. “Sangat bergantung KPU RI, yang pasti sebelum habis masa jabatan (KPU tiga kabupaten/kota) ini,” ujar pria yang juga mantan Anggota Bawaslu Banten ini.

Mekanisme pengumumannya, kata dia, KPU RI akan mengumumkan 10 nama di masing-masing kabupaten/kota, dengan ketentuan urutan 1 sampai 5 yang terpilih. Karena masing-masing kabupaten/kota hanya akan ada lima anggota KPU yang menjadi. “Yang dinilai KPU RI layak dan patut, berdasar hasil dari rangkaian seleksi oleh timsel sampai FPT (fit and proper tes) oleh KPU Provinsi (Banten),” ucapnya.

Senada dikatakan Anggota KPU Banten lainnya, Masudi. Kata dia, seleksi calon Anggota KPU Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang sudah memasuki tahapan akhir. “KPU Banten telah menyelesaikan FPT beberapa waktu lalu. Sekarang menunggu keputusan KPU RI terkait calon terpilih,” tuturnya.

Sementara, selain tiga kabupaten/kota, saat ini ada juga seleksi KPU Kabupaten Lebak yang masih berjalan. Timsel sudah mengumumkan 10 nama yang lolos tes wawancara untuk selanjutnya mengikuti fit and proper test di KPU RI. Seleksi ini dilakukan karena masa jabatan KPU Kabupaten Lebak akan berakhir. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here