Sabtu, 26 Mei 2018
Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Srie Agustina didampingi unsur pegawai Disperindag Provinsi Banten dan Kota Serang saat meninjau perkembangan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Jumat (11/5/2018). Dalam kunjungannya tersebut ditemukan sejumlah pedagang beras yang masih menjual harga beras di atas harga eceran tertinggi terutama harga beras medium.*

Selama Ramadan dan Lebaran, Stok Kebutuhan Pokok di Banten Tercukupi

Direktorat Jenderal (Dirjen) Kementerian Perdagangan, Sri Agustina memastikan, stok kebutuhan pokok untuk masyarakat di Banten selama Ramadan tercukupi. Bahkan, saat ini harga kebutuhan pokok relatif masih stabil dan cenderung mengalami penurunan. “Secara umum, harga masih relatif stabil. Kita pastikan stok kebutuhan pokok aman selama Ramadan nanti,” kata Sri saat inspeksi mendadak (sidak) Pasar Induk Rau, Kota Serang, Banten, Jumat (11/5/2018).

Menurutnya, menjelang Ramadan ini, sebagian harga kebutuhan pokok memang mengalami kenaikan. Namun, pihaknya hanya menemukan pedagang beras yang menjual beras jauh dari harga eceran tertinggi (HET). “Seharusnya pedagang beras tersebut menjualnya dengan harga Rp 9.550 sampai Rp 10.500 per kilogram. Tapi, menjualnya seharga Rp 12.000 per kilogram dengan kualitas beras premium,” ujarnya.

Meski begitu, dari hasil pemantauannya secara umum stok kebutuhan pokok di Banten ini cukup melimpah dan mencukupi. Jika pun ada kenaikan, itu tidak terlalu signifikan. “Di pasar itu harganya bisa berubah. Harga transaksi dan harga sebenarnya itu berbeda. Kalau harga transaksi kita sebagai pembeli bisa menawar sesuai dengan kesepakatan,” ucapnya sambil melakukan transaksi dengan membeli sebagian barang pokok.

Salah seorang pedagang, Saiful mengatakan, jika beras yang dijualnya merupakan beras stok lama. Sehingga, harganya pun masih diatas HET. “Masih stok lama bu, kami masih ada stok persediaan beras di gudang sebanyak 15 ton. Jadi harganya belum turun,” tuturnya.

Sementara, berdasarkan pantauan dalam sidak tersebut, Dirjen Kementerian Perdagangan, Sri Agustina melakukan komunikasi langsung dengan pembeli maupun para pedagang di Pasar Induk Rau Kota Serang, untuk mengetahui ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Banten.

Sri juga menyampaikan kepada kepala pasar, kepala perdagangan dan Bulog agar terus melakukan pantauan ke beberapa pasar. Sehingga, jika suatu waktu harga melonjak naik, pihak terkait bisa langsung menyuplai barang tersebut dan harga tetap stabil. (Rizki Putri/PG)*


Sekilas Info

Ramaikan Lebaran, JakCloth Gelar Pesta Diskon Di 8 Kota Besar Di Indonesia 

TANGERANG, (KB).- Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, JakCloth kembali meramaikan produk Fashion di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *