Selama Cuaca Ekstrem, BPBD Kabupaten Serang Pastikan Baperstok Aman

SERANG, (KB).- Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang memastikan bantuan persediaan stok (baperstok) dan juga anggaran kebencanaan masih tersedia selama menghadapi cuaca ekstrem, hingga awal tahun mendatang.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana mengatakan, persediaan bantuan masih aman. Sebab, untuk bantuan tidak hanya mengandalkan dari BPBD Kabupaten Serang. Akan tetapi, jika kekurangan akan meminta bantuan kepada pihak BPBD kabupaten lain, provinsi, bahkan BNPB. “Dan upaya itu kami lakukan. Sementara ini, kami masih bisa antisipasi semuanya,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (11/12/2017).

Menurut dia, semua pihak sudah mempersiapkan terkait adanya kemungkinan bencana tersebut. Bahkan, komunikasi antar-OPD terkait kebencanaan juga terus dilakukan dan pihaknya standby selama 24 jam. “Anggaran cukup, ibu bupati (Ratu Tatu Chasanah) care terhadap BPBD. Jadi, anggaran penambahan untuk dana kebencanaan sudah disiapkan, jadi pemerintah daerah sudah mempersiapkan semuanya,” ujarnya.

Bahkan, dana kebencanaan tahun ini juga belum sepenuhnya habis. Hingga saat ini, masih tersisa sekitar Rp 150 juta. Untuk 2018, anggaran kebencanaan telah diajukan sebesar Rp 2 miliar. “Tahun ini masih sisa sekitar Rp 150 juta. Pokoknya aman dan siap serta cukup,” ucapnya. Ia menuturkan, saat ini semua bantuan untuk korban kebencanaan telah disebarkan seluruhnya. Sebab, begitu terjadi bencana, bantuan tersebut langsung disalurkan pihaknya. “Udah lah, atuh bencana mah kejadian juga langsung dikirim,” tuturnya.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diprediksi cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga Februari 2018 mendatang. Walau demikian, informasi tersebut selalu diperbarui setiap tiga hari sekali. “Tapi, warning ini sampai Februari. Jadi, kami enggak bisa memprediksi jauh. Tapi, kondisi alam memang penghujan sampai Februari,” katanya.

Menurut dia, cuaca ekstrem yang masih perlu untuk diwaspadai berupa hujan lebat. Oleh karena itu, semua yang mungkin akan memicu terjadinya bencana banjir, agar segera diantisipasi. “Terus kalau pohon yang besar dekat rumah dipotong lah jangan nunggu roboh dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang, Ahmad Saefudin mengatakan, bantuan yang tersedia di dinasnya juga saat ini masih terhitung aman. “Stoknya cukup lah, karena bukan hanya di kabupaten, provinsi dan BPBD juga menyiapkan,” ucapnya. Sedangkan, untuk bantuan kepada semua korban bencana selama cuaca ekstrem, dia menuturkan, sudah mendistribusikan seluruhnya. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan juga peralatan untuk memasak hingga selimut. (DN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here