Sekolah Diminta Siapkan Lulusan Siap Kerja

Kepala SMK PGRI 3 Kota Serang, Halili memberikan sambutan pada rekrutmen yang dilakukan bersama PT Nippon Indosari Corpindo, di Aula SMK PGRI 3 Kota Serang, Rabu (19/12/2018).

SERANG, (KB).- Sekolah khususnya kejuruan, dituntut untuk memiliki lulusan yang siap untuk bekerja. Apalagi, ada beberapa perusahaan yang secara langsung menjemput bola ke sekolah-sekolah, untuk melakukan rekrutmen.

Kepala SMK PGRI 3 Kota Serang, Halili mengatakan, salah satu perusahaan tersebut, yakni PT Nippon Indosari Corpindo. Rekrutmen yang mereka lakukan dua kali dalam setahun. “Alhamdulillah banyak perusahaan yang datang ke SMK PGRI 3 untuk melakukan rekrutmen. Itu artinya kami dipercayai, bahwa lulusan sekolah kami sangat diperhitungkan,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, hal tersebut sekaligus menjadi tantangan, karena masyarakat sudah mempercayai kualitas dari SMK PGRI 3. “Kami terus berupaya untuk mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk melakukan rekrutmen tersebut, sekolah menyiapkan siswa yang sudah siap untuk langsung bekerja. Alasannya, soft skill dan akademik menjadi syarat untuk bisa mengikuti rekrutmen tersebut.

“Kami membekali para siswa soft skill, kemampuan akademik, dan mental yang bagus. Kalau peserta tidak memiliki mental yang bagus akan menjadi penghambat dalam bekerja di perusahaan,” tuturnya.

Sementara itu, HRD PT Nippon Indosari Corpindo, Faisal Mahmudi mengatakan, pihaknya melakukan rekrutmen tersebut, untuk mencari pelamar yang siap bekerja. “Proses rekrutmen tersebut harus dari administrasi, kalau dari administrasi sudah memenuhi persyaratan tentu akan berlanjut,” katanya.

Ia berharap, rekrutmen tersebut dapat saling menguntungkan kedua belah pihak. “Ke depannya terjalin kerja sama tersebut, untuk mengumpulkan orang-orang yang siap kerja itu tidak mudah. Dengan adanya rekrutmen tersebut, mudah-mudahan benar sebagai kandidat yang siap bekerja,” ujarnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here