Sekolah Diliburkan, SMK PGRI 3 Kota Serang Imbau Siswa Tetap Belajar

Suasana di SMK PGRI 3 Kota Serang tampak sepi, Senin (16/3/2020). Untuk mengantisipasi virus Corona, kegiatan belajar mengajar di sekolah diliburkan dan berdasarkan surat edaran Dindikbud Banten, kegiatan belajar dilakukan di rumah.*

SERANG, (KB).- SMK PGRI 3 Kota Serang mengimbau agar siswa kelas 12 untuk tetap belajar di rumah. Dengan adanya penundaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), siswa dapat melakukan persiapan lebih matang untuk menghadapi UNBK.

“Tadi ada siswa yang datang sekitar 30 orang, mereka yang datang ada yang masih ragu sehingga kami memberikan arahan kepada siswa untuk tetap rajin belajar di rumah dengan memanfaatkan waktu libur,” kata Kepala SMK 3 PGRI Kota Serang Halili saat ditemui di SMK PGRI 3 Kota Serang, Senin (16/3/2020).

Ia mengatakan, libur sekolah untuk mengantisipasi siswa agar tidak terkena corona virus disease (Covid-19). Selain itu, libur sekolah juga memberikan kesempatan untuk siswa belajar di rumah sehingga dapat mempersiapkan diri lebih maksimal dalam menghadapi UNBK.

“Kami sudah melakukan rangkaian kegiatan seperti ujian praktik. Minggu ini harusnya dilaksanakan UNBK. Namun dengan kejadian seperti ini kami berharap anak-anak tetap belajar di rumah,” ujarnya.

Ia meminta agar siswa belajar di rumah sesuai surat edaran Gubernur Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud). Selain itu, untuk siswa kelas satu dan dua juga belajar di rumah dan tidak berpergian.

“Kalau masih ada pokok bahasan lagi di sekolah, misalnya di jurusan teknik masih ada tiga, yang satu bisa dikerjakan. Kemudian yang dua lagi bisa dijadikan tugas,” ujar Halili.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten M Yusuf menyampaikan bahwa penundaan pelaksanaan UNBK maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMA/SMK merupakan langkah antisipasi penyebaran virus corona di Banten.

“Pelaksanaan belajar secara online telah disiapkan sebagai pengganti kegiatan belajar di sekolah. Namun, waktu libur tidak berlaku untuk siswa kelas 12 yakni tetap belajar karena untuk mempersiapkan UNBK,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here