Sejumlah Pejabat Belum Serahkan LHKPN

SERANG, (KB).- Sejumlah anggota DPRD dan pejabat eselon II di Lingkungan Pemkab Serang belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketua DPRD Kabupaten Serang, Muhsinin mengatakan, kepatuhan terkait LHKPN di DPRD Kabupaten Serang sebenarnya sudah 99 persen hanya tinggal satu anggota yang belum menyerahkan. “Tadinya empat sampai lima orang yang belum menyerahkan, tapi tadi saya dapat informasi yang lainnya sudah menyerahkan dan tinggal satu yang belum,” katanya ketika ditemui Kabar Banten di ruang kerja, Kamis (7/9/2017).

Ia menuturkan, tidak mengetahui apa alasan anggota dewan yang sampai sekarang belum juga menyerahkan LHKPN. “Saya juga bingung kenapa. Ini kan bentuk kepatuhan saja, jangan takut-takut lah tinggal menyampaikan saja kan, ini untuk kenyamanan sendiri juga. Ini dikatakan wajib ya wajib, dikatakan tidak ya tidak, tapi apa alasannya kalau tidak mau menyampaikan, apa takut, nah kenapa takut,” tuturnya.

Dengan mematuhi ketentuan menyerahkan LHKPN, menurut dia, hal tersebut akan menambah citra baik lembaga. “Apa salahnya melaporkan saja, kenapa takut apalagi anggota baru itu harus. Soal LHKPN ini saya kira juga sudah beres, gak tahunya masih ada yang belum menyerahkan, ini kan sudah lama hampir setahun harusnya sudah diserahkan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Sub Bidang Kepembinaan dan Disiplin Pegawai pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Serang, Fahirohim mengatakan, pada 2016 dari total eselon II yang wajib menyerahkan LHKPN sebanyak 29 eselon II, yang belum menyerahkan sebanyak 10 eselon II. “Tapi, nanti untuk updating data tahun ini. Kami akan konfirmasi lagi ke OPD masing-masing, karena data ini kan sempat terputus, sebab sebelumnya bu Bina, pemegang datanya meninggal,” ucapnya. Ia menuturkan, jumlah wajib LHKPN 2017 akan bertambah dari 29 orang menjadi 68 orang. Jadi, jika sebelumnya hanya eselon II yang wajib lapor, tahun ini bertambah, yaitu auditor juga wajib lapor. (H-40)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here