Sejumlah Pedagang Tolak Beras Bulog

PEDAGANG beras di Pasar Lama Kota Serang memperlihatkan beras dagangannya, Selasa (23/1/2018). Ia lebih memilih menjual beras lokal dan beras luar daerah dibandingkan menjual beras yang didapat dari bulog yang dinilai kualitasnya kurang bagus.*

SERANG, (KB).- Sejumlah pedagang beras di Pasar Tradisional Kota Serang menolak membeli beras yang dijual Bulog. Mereka menilai kualitas beras yang diberikan kurang bagus. ”Walaupun (beras dari luar) mahal, tapi kualitas beras yang saya jual bagus. Kalau dari bulog itu rata-rata kualitasnya jelek. Masyarakat juga rata-rata jarang ada yang mau beli beras bulog,” kata seorang pedagang di Pasar Lama Kota Serang, Ade, Selasa (23/1/2018).

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu petugas bulog pun sempat menawarkan untuk menjual beras yang telah disediakan, namun ia menolaknya. Sebab, jenis beras yang diberikan tidak bertahan lama ketika sudah dimasak. ”Paling sore juga udah apek kalau dimasak. Jadi mending jual beras yang biasa saya jual aja,” ujar Ade.

Menurutnya, beras-beras lokal seperti beras dari Pontang maupun Pandeglang memiliki kualitas yang sangat bagus. Walaupun saat ini pasang harga tinggi, namun masyarakat lebih banyak memilih beras lokal ketimbang beras bulog. ”Dari awal saya tidak pernah mau jual beras bulog,” ucapnya.

Pedagang beras lain di Pasar Induk Rau Kota Serang, Joni menuturkan, masyarakat banyak yang menilai kalau beras yang disediakan Bulog tersebut kategori beras masyarakat miskin (Raskin). ”Pembeli kan nilainya itu raskin. Selain itu, kualitasnya juga kurang bagus. Itu kan beras timbunan, kadang apek terus kadang juga ada kutunya,” tuturnya.

Ia lebih memilih menjual beras yang ada seperti beras yang dibelinya dari Pontang, Kampung Beberan, Kota Serang, Pandeglang, Karawang maupun Cianjur. Ia menilai, walaupun mahal, tetapi masyarakat lebih mementingkan kualitas. ”Beras ini kan makanan pokok, jadi pasti milihnya kualitas bagus,” ujar Joni.

Diketahui, operasi pasar (OP) yang telah dilakukan oleh Bulog Sub Divre Serang hingga saat ini belum belum signifikan menurunkan harga beras di pasaran. Dalam OP tersebut, bulog menawarkan kepada seluruh kios beras untuk membeli beras yang dimilikinya dengan tujuan agar membantu pemerintah dalam menekan harga beras di pasaran saat ini. Namun sebagian pedagang lebih memilih menjual beras yang dipasok dari luar daerah maupun beras lokal.

Bantah

Sementara itu, Kasi pelayanan publik Bulog Sub Divre Serang, Khaerul menjelaskan, kualitas beras bulog sudah terjamin. Sehingga beras-beras yang disalurkan kepada pedagang tidak bermasalah. ”Kualitas beras kami bagus, jadi ada reprosesing sebelum melakukan OP agar kualitasnya dapat diterima baik di pasar. Tidak mungkin kami menyalurkan beras yang kurang bagus kepada pedagang,” tuturnya. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here