Rabu, 20 Juni 2018

Sejuk dan Asri, Wisata Kampung Rekreasi Hijau

Di tengah hiruk-pikuk dan kegersangan daerah industri baja di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten, suasana kota seperti itu terobati dengan kehadiran sebuah tempat begitu asri, sejuk, dan alami. Lokasi tersebut layak dijadikan destinasi wisata lokal. Wisata tersebut diberi nama Kampung Rekreasi Hijau.

Muhamad Ibrohim Aswadi, salah seorang penggagas sekaligus pemilik Kampung Rekreasi Hijau menyatakan, wisata tersebut sangat cocok menjadi destinasi wisata pilihan keluarga di Kota Cilegon. Ia menceritakan, gagasan membangun Kampung Rekreasi Hijau terinspirasi sekitar setahun lalu.

“Tepatnya, setahun yang lalu, ada sebuah ide dan gagasan cerdas untuk menghijaukan wilayah Ciwandan. Saya mencoba menyulap wilayah gersang menjadi Kampung Rekreasi Hijau. Kenapa demikian? Karena, Ciwandan terkenal dengan daerah industri berat, seperti Krakatau Steel, Posco, dan PDSU. Akhirnya, kami berhasil membangun Kampung Rekreasi Hijau yang kini menjadi wisata favorit warga dan pelajar,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (2/2/2018).

Dengan kerja keras, dia mampu menciptakan lokasi wisata yang asri dan sejuk. Kini, kehadiran wisata tersebut menopang perekonomian masyarakat dan mampu memberdayakan masyarakat mendapatkan status pekerjaan yang layak sebagai petugas wisata Kampung Rekreasi Hijau. Tidak terbesit, akhirnya wisata tersebut menjadi pilot project atau percontohan bagi kampung lainnya di Cilegon.

Kampung rekreasi tersebut, telah dilengkapi sarana pemancingan umum seluas 1.000 M2. Sarana bancakan ala keluarga, small fitness, kolam renang anak-anak, dan sarana pendukung lainnya. Untuk sarana small fitness ditarif Rp 10.000 per hari. Pengunjung anak-anak bisa menikmati asyiknya berenang di kolam renang anak ditarif Rp 10.000 per hari. “Bagi anak-anak yang hafal 10 surat pendek Juz Amma, Insya Allah saya berikan gratis atau tidak membayar silakan dan nikmati liburannya,” ujarnya.

Lokasi kampung yang terdapat kolam pemancingan dan nuansa persawahan tersebut berada di Jalan Sunan Drajat, RT001/RW004, Lingkungan Pintu Air, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan. Rencananya wisata tersebut diluncurkan pada Ahad (4/2/2018).

“Ada kolam pemancingan bagi yang mempunyai hobi memancing dan sejumlah jenis ikan kami sediakan di situ, seperti lele, gurame, bawal, dan ikan mas. Hanya memancing, angkat, timbang, bayar, dan bawa pulang. Kalau mau dibakar dan dimasak di tempat silakan,” ucapnya.

Destinasi wisata kampung asri tersebut, lanjut dia, didirikan untuk melengkapi sarana objek wisata lainnya yang sudah ada di Cilegon. Ia meyakini, wisata tersebut akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang baru di Kota Cilegon. “Masyarakat saat ini butuh piknik yang murah, sederhana, dan bisa membawa keluarga. Bagi pencinta wisata, silakan datang dan mencoba destinasi kampung asri,” tuturnya. (Himawan Sutanto)***


Sekilas Info

Dari Museum Hingga Berburu Menu Puasa di Rangkasbitung

Suasana sejuk, nyaman dan ramai tampak menggambarkan potret warga sambil berjalan-jalan menyusuri Museum Multatuli di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *