Segera Miliki Ikon Baru, Kota Serang Menuju Metropolitan Area

SERANG, (KB).- Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten segera memiliki ikon baru, sebagai bentuk dukungan sebagai metropolitan area. Hal tersebut terungkap dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang, yang berencana membuat kata-kata atau gambar menarik yang ditempatkan titik kota.

Kepala DPRPKP Kota Serang Iwan Sumardi mengatakan, adanya ikon tersebut, bertujuan untuk membuat Kota Serang dikenal oleh masyarakat luas, sehingga siapa pun yang berkunjung ke Kota Serang dapat merasakan kesan yang baik. Ia menilai saat ini, ikon yang ada kurang menarik, jadi pihaknya akan membuat yang lebih menarik lagi.

“Jadi, kami akan membuat ikon baru untuk Kota Serang, sehingga saat pertama masuk Kota Serang, sudah ada kesan, bahwa orang luar diterima oleh masyarakat Kota Serang. Seperti di kota lainnya, jadi nanti akan ada I Love Kota Serang atau sebagainya,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Ia menuturkan, pihaknya juga akan memperbarui taman kota serta ruang terbuka hijau (RTH) yang ada saat ini. Mulai dari penataannya, kemudian melengkapi fasilitas pertamanan, serta pembenahan. “Saat ini, Perkim (DPRPKP) membuat ikon baru dan pembenahan-pembenahan untuk mempercantik taman yang ada di Kota Serang. Jadi, enggak ngebosenin,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini ada dua fokus yang akan dilakukan DPRPKP untuk mendukung Kota Serang menjadi metropolitan area. Sesuai dengan rencana yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang terkait grand design pembangunan Kota Serang.

“Tentu, ini salah satu bentuk dukungan kami dalam menyambut Kota Serang sebagai metropolitan area. Jadi, kami akan membenahi RTH terlebih dahulu, seperti taman-taman kota, itu bentuknya pemeliharaan. Kemudian, ikon ini juga penting dalam pembangunan Kota Serang. Seperti yang saya bilang tadi, untuk penyambutan dan keramahan warga Serang terhadap warga luar,” ucapnya.

Sementara, untuk kawasan kumuh, dia menjelaskan, saat ini sudah ditangani melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). “Itu kan sudah, jadi kami fokusnya kedua program tersebut (ikon baru dan pembenahan taman). Kotaku itu program pusat dan kami sudah melakukannya,” tuturnya.

Seperti yang dikatakan Kepala Bappeda Kota Serang Nanang Saefudin, dalam pelaksanaan menuju kota metropolitan area, Pemkot Serang akan mempersiapkan sarana dan prasarana. Menurut dia, keduanya sangatlah penting untuk menunjang pembangunan Kota Serang. “Maka, sarana dan prasarana itu penting untuk grand design pembangunan ini,” katanya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here