Sebelum Pelunasan Biaya Haji, Calon Haji Diingatkan Tes Kesehatan

SERANG, (KB).- Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang mengingatkan calon jemaah haji (Calhaj) untuk melakukan tes kesehatan, sebelum pelunasan biaya haji.

Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama dilakukan dua tahap mulai 19 Maret hingga 17 April 2020, kemudian tahap ke dua mulai 30 April hingga 15 Mei mendatang.

“Kami berharap calon jemaah haji mempersiapkan diri, melengkapi persyaratan yang diperlukan seperti administrasi, istithaah kesehatan. Bagi calon jemaah haji yang berhak melunasi dipastikan harus melakukan pemeriksaan tahap dua, untuk jemaah haji di Kota Serang sudah melakukan pemeriksaan pada 10-12 Maret,” kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Serang Deni Rusli, usai melakukan rapat persiapan BPIH 1441H bersama Bank Penerima Setoran (BPS), di Kemenag Kota Serang, Kamis (19/3/2020).

Hal tersebut untuk melihat kesiapan bank dan membahas kelengkapan administrasi calon jemaah dalam pelunasan tersebut. Calon jemaah dapat melakukan penyetoran BPIH melalui bank-bank yang telah ditetapkan badan pengelola keuangan haji (BPKHI).

“Calon jemaah melakukan pemeriksaan kesehatan, dikarekan keterangan istithaah kesehatan menjadi syarat melakukan pelunasan. Jemaah haji di Kota Serang sebanyak 804 jemaah dapat melakukan pelunasan di Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat dan Bank Mega Syariah,” ujarnya.

Untuk melakukan pencegahan wabah coronavirus disease (Covid19), calon jemaah untuk menjaga kesehatan serta perlikau hidup bersih dan sehat. Selain itu, memohon pertolongan kepada Allah dengan sabar dan mendirikan salat.

“Kami berharap tidak ada penundaan, karena pelaksanaan ibadah haji terus dilakukan, selain itu kami juga mengingatkan kepada jemaah agar menjaga kesehatan, tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, serta selalu mengunakan hand sanitizer serta rajin mencici tangan,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here