Sebanyak 90 Pramuka Banten Ikuti Diklatsar Saka Bahari di Cikujang

SERANG, (KB).- Sebanyak 90 anggota Pramuka Penegak dan Pandega di Banten akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Satuan Karya (Saka) Bahari Kwarda Banten Angkatan XXIX di Bumi Perkemahan Daerah (Buparda) Pramuka di Cikujang, Pandegalang, selama lima hari, Senin-Jumat (1-5/7/2019).

Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten Lettu Laut (KH) Sowong menjelaskan kepada Kabar Banten upacara pembukaan Diklatsar Saka Bahari ini akan digelar di Markas Komando (Mako) Lanal Banten di Jalan Yos Sudarso, Merak, Cilegon, Senin (1/7/2019) pagi.

Menurut Sowong upacara pembukaan diklatsar ini akan dipimpin langsung Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah. Upacara ini akan diikuti para peserta diklatsar dari wilayah Cilegon, Serang, dan Tangerang.

“Untuk peserta yang rumahnya jauh di wilayah Pandeglang langsung ke Buperda Cikujang,” kata Sowong.

Selama mengikuti diklatsar, lanjut Sowong, para peserta akan mendapatkan materi  keparamukaan, kebaharian,  dasar search and rescue (SAR),  sea survival, dasar keslap, dasar persandian morse,  semaphore dan persandian dasar TNI AL.

Kemudian dasar PBB, dasar PPM,  dasar/pengenalan scuba dan snorkling, pengetahuan kebaharian serta kemaritiman dll. Narasumbernya antara lain berasal dari personel Lanal Banten, Basarnas Provinsi Banten, Dinas Perikanan Kelautan (DKP) Labuan, dan Syah Bandar Labuan.

Pada bagian lain Sowong mengatakan peserta yang diizinkan mengikuti pelatihan ini adalah mereka yang sudah mendapatkan izin yang ditandatangani orangtuanya. Sementara peseta yang tidak mendapatkan izin dari orangtuanya tidak bisa mengikuti diklatsar ini.

“Jadi, peserta yang bisa mengikuti diklatsar ini adalah mereka yang sudah mendapatkan izin dari orangtuanya,” kata Sowong. (Sgt)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here