Sebanyak 20 Personel PMI Pandeglang Ikuti Peningkatan Kapasitas Organisasi

PANDEGLANG, (KB).- PMI Provinsi Banten menggelar kegiatan peningkatan kapasitas organisasi melalui Branch Organizational Capacity Assesment (BOCA) di Markas PMI Kabupaten Pandeglang, Senin–Selasa (8-9/7/2019).

Kegiatan yang dibuka Pengurus PMI Provinsi Banten Jaenudin ini diikuti sebanyak 20 orang. Mereka terdiri atas unsur pengurus, markas, Unit Donor Darah (UDD), Korp Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) PMI Kabupaten Pandeglang.

Dalam sambutannya, Jaenudin mengharapkan  seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya, sehingga kapasitas personel PMI menjadi lebih baik.

Pada bagian lain Jaenudin menilai musibah Tsunami Selat Sunda yang melanda Pandeglang dan Serang telah memunculkan hikmah. “Melalui kegiatan ini, kita bisa melihat sejauh mana kapasitas kita,” katanya.

Tujuan BOCA antara lain  untuk menilai kapasitas dan kinerja organisasi PMI Kota/Kabupaten saat ini; enyepakati prioritas pengembangan PMI Kota/Kabupaten; dan erumuskan sebuah rencana operasional untuk memperkuat dan mempertahankan kapasitas pelayanan dan ketahanan masyarakat.

Kegiatan BOCA diharapkan dapat mengilhami PMI Kota/Kabupaten untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya perbaikan, untuk lebih memahami biang-bidang yang membutuhkan perhatian, dan menggunakan momentum ini untuk secara bersama-sama memecahkan permasalahan yang muncul.

Proses ini dapat juga menjadi saat yang tepat bagi Kabupaten/Kota untuk menilik kembali rencana operasional PMI secara keseluruhan (nasional) dan menentukan strategis yang tepat melalui pengumpulan dan pemilahan semua rencana pengembangan PMI Provinsi/Kota/Kabupaten.

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Kabupaten Pandeglang  Nandang Kosim merasa bersyukur atas terselenggaranya BOCA di PMI Kabupaten Pandeglang. “Dengan BOCA ini, kami dapat mengetahui sejauh mana kapasitas kami, mana yang harus diperbaiki, mana yang harus ditingkatkan,”  ujarnya.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan foto bersama, acara perkenalan peserta dengan fasilitator, serta pembuatan norma dan rangkaian kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan selama dua hari.(EM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here