Sebanyak 19 Mahasiswa Untirta Bangun Taman Baca di Desa Seuat

SERANG, (KB).-  Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) membangun taman baca di Desa Seuat Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Pembangunan taman baca ini merupakan bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kemitraan Untirta 2020.

Izzuddin, Ketua Kelompok KKM Kemitraan Untirta Desa Seuat 2020, menjelaskan pembangunan taman baca ini merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi atau mahasiswa terhadap masyarakat Desa Seuat dalam bidang pendidikan

Dia juga mengatakan pembangunan fasilitas taman baca ini sebagai bagian upaya gerakan literasi. Para mahasiswa mengharapkan taman baca ini mampu menumbuh-kembangkan kesadaran dan kecintaan masyarakat, khususnya anak-anak  Desa Seuat, dalam kegiatan membaca.

Menurut Izzuddin, selain sebagai fasilitas untuk membaca, taman baca juga ditujukan untuk kegiatan berkumpul, belajar, berdiskusi dan lain sebagainya.

“Kami berharap fasilitas ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatal lainnya,” kata Izzuddin kepada Kabar Bante, Minggu (26/1/2020).

Selain membangun taman baca, kegiatan KKM di Desa Seuat 2020 ini melaksanakan beberapa program kerja lain. Di antaranya sosialisasi tentang pertanian, ekonomi syariah, pernikahan dini, hibah Alquran dan alat kebersihan masjid, pesta rakyat, pembagian bibit pohon, mengajar di madrasah, dan gotong royong.

“Semua kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi poin 3, yakni pengabdian kepada masyarakat,” ujar Izzudin

Camat Petir Asep Herdiana  sangat mengapresiasi kegiatan KKM Kemitraan Untirta 2020 di Desa Seuat. Dia menilai kegiatan mahasiswa Untirta ini mampu menjadi wadah silaturahmi antara kecamatan dengan dengan warga Desa Seuat.

“Jadi, kegiatan mahasiswa ini mampu menjembatani dan mempererat tali silaturahmi kita semua,” kata Asep.

Menurut  Asep, Seuat merupakan salah satu desa di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Desa ini memiliki potensi yang seharusnya dapat digali lebih oleh masyarakatnya.

Akan tetapi untuk mewujudkan impian tersebut, sumber daya manusianya harus terus-menerus diasah. Dia menilai tolak ukur dari berkembangnya SDM adalah tingkat pendidikan dan pendidikan harus didukung oleh fasilitas.

Oleh karena kondisi itulah, menurut Asep, mahasiswa Untirta pun tertantang untuk membangun taman baca di tengah Desa Seuat. Atas dasar itulah Asep menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah menetapkan pembangunan  taman baca ini sebagai salah satu program unggulan KKM Kemitraan Desa Seuat 2020.

Sementara itu Kepala Desa Seuat Usup merasa terharu dengan kegiatan mahasiswa seperti ini. Oleh karenai tu, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa Untirta yang telah bersedia mengabdi di desanya,

 “Semoga program kerja yang dilaksanakan mahasiswa KKM Kemitraan Untirta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Seuat,” ujar Usup. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here