Sebanyak 15.638 Siswa SMP di Kabupaten Lebak Ikuti Ujian Nasional

LEBAK, (KB).- Sebanyak 15.638 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Lebak mengikuti ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2018-2019. Dari 202 sekolah, 179 sekolah melaksanakan ujian dengan metode ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

“Ada 179 sekolah yang tahun ini melaksanakan UNBK dengan jumlah 15.638 siswa,” kata Kepala Disdikbud Lebak Wawan Ruswandi, Senin (22/4/2019).

Ia mengatakan, pada UN SMP/sederajat tahun ini, ada empat mata pelajaran yang diujinasionalkan. Pelaksanaan UN berlangsung tanggal 22 April 2019 dengan mata pelajaran bahasa Inggris, ujian mata pelajaran Matematika berlangsung tanggal 23 April 2019, bahasa Inggris 24 April 2019, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), tanggal 25 April 2019, masing-masing terbagi tiga sesi.

“Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini tentu merupakan perkembangan yang pesat bagi SMP di Kabupaten Lebak,” katanya.

Meski demikian, kata dia, tidak seluruh sekolah tersebut menggelar UNBK secara mandiri. Hal itu cukup wajar, karena belum semua sekolah memiliki perangkat komputerisasi yang cukup memadai. Namun, hal itu tidak jadi masalah bagi sekolah yang memang belum siap menyelenggarakan secara mandiri, dan hal itu sangat wajar.

“Karena memang belum semua sekolah memiliki perangkat komputerisasi yang cukup,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan UN SMP tahun ini, nilai yang dihasilkan peserta didik meningkat dan peringkat nilai UN SMP Kabupaten Lebak secara peringkat lebih baik lagi. Para siswa diharapkan dapat fokus dalam menempuh UN, sehingga memperoleh nilai yang baik.

“Kami optimistis seluruh siswa SMP yang mengikuti UN bisa mencapai kelulusan 100 persen,” ucapnya.

Pihaknya juga akan memaksimalkan pelaksanaan UNBK, mulai dari soal jaringan internet dan listrik akan kami koordinasikan kepada PLN agar tidak terjadi pemadaman saat pelaksanaan UN. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here