Seba Baduy 2018 Segera Digelar

Seba Baduy

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bersama Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten akan menyelenggarakan Seba Baduy pada Sabtu hingga Ahad (21-22/4/2018). Rencananya, kegiatan tersebut akan dipusatkan di Gedung Museum Banten. Kepala Bidang kebudayaan pada Disdikbud Provinsi Banten, Ujang Rafiudin mengatakan, Seba Baduy atau tradisi warga Baduy mendatangi bapak gede.

“Kegiatan Seba Baduy ini, adalah agenda rutin setiap tahun, maksudnya seba ini mengunjungi bapak gede dan ibu leutik. Pelaksanaannya tidak bisa ditunda atau dipisahkan. Kami akan melaksanakannya Sabtu hingga Ahad (21-22/4/2018). Tahun ini, Seba Baduy dilaksanakan oleh dua organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Disdikbud dan Dispar Provinsi Banten,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (16/4/2018).

Ia menuturkan, nantinya akan ada pembagian acara ritual Seba Baduy tersebut. Disdikbud akan menggelar kegiatan pada Sabtu (21/4/2018) dan bertempat di Pendopo Lama atau di Museum Banten, sedangkan untuk Dispar sehari sebelumnya pada Jumat (20/4/2018) menggelar Pameran Exciting of Seba Baduy. Sama-sama mengusung tema Seba Baduy tahun ini. “Persiapannya sudah hampir 80 persen, rangkaian acaranya sudah dibuat tinggal ke pelaksanaan. Acara ritual dari Disdikbud Banten dimulai pukul 19.30 WIB-21.30 WIB dan Ahad (22/4/2018) proses pemulangan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam acara Seba Baduy akan dilaksanakan di Alun-alun Barat Kota Serang dan berlangsung hingga Ahad (22/4/2018) sore. Kegiatan tersebut akan melibatkan masyarakat dan rencananya nanti akan dihadiri sejumlah menteri.  “Kalau di acaranya di Dispar tentu lebih kepada promosi dan wisata, kalau Disdikbud lebih kepada edukasi mengenal budaya Baduy untuk para pelajar. Khususnya untuk para generasi muda dengan acara Seba Baduy ini dapat menilai nilai-nilai para leluhur dan kebudayaan Baduy,” ucapnya. (DE/TN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here