Se-Minggu Ekskavasi di Keraton Surosowan, BPCB Temukan Reruntuhan Sri Manganti

SERANG, (KB).- Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten menemukan reruntuhan dari struktur gerbang Sri Manganti di bagian barat dan timur Keraton Surosowan di Kawasan Kesultanan Banten. Selain itu, satu butir peluru meriam juga telah ditemukan dengan ukuran yang sama.

“Kami melanjutkan ekskavasi di Barat dan Timur kotak sebelumnya. Disitu kami menemukan reruntuhan dari struktur gerbang. Kemudian ada penemuan satu tambahan peluru meriam,” kata Koordinator Lapangan Ekskavasi BPCB Banten Turmudi, Senin (24/6/2019).

Ia mengatakan, pihaknya akan melanjutkan ke bagian Selatan struktur, agar ruangan Sri Manganti di Keraton Surosowan tersebut dapat terlihat. Sehingga, tim dapat dengan mudah melakukan penggalian di lokasi. “Penemuan baru berupa reruntuhan ini sedang di kupas (ekskavasi) dibagian Selatan struktur,” ucapnya.

Turmudi juga menjelaskan, jika panjang dan lebar runtuhan bagian Barat memiliki luas sebesar 2,5 meter x 2 meter. Kemudian runtuhan bagian Timur struktur gerbang dengan luas 3,24 meter x 0,54 meter. “Kalau perkiraan ukuran denah Sri Manganti itu luasnya sekitar 37,3 meter x 15 meter. Jadi sisanya masih lumayan banyak yang harus dikupas,” ujarnya.

Sebelumnya, pada minggu lalu Turmudi beserta timnya telah menemukan sejumlah benda peninggalan masa kejayaan Kesultanan Banten. Seperti keramik biru putih yang diperkirakan merupakan peninggalan Dinasti Ching abad ke-18. Kemudian ada juga gerabah, dan pinggiran kendi (tempat air minum) milik Sultan Banten. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here