Satpol PP Razia Belasan Pelajar

Petugas Satpol PP Pandeglang sedang memberikan arahan ke sejumlah pelajar yang terkena razia saat sedang bermain PS di Kebon Cau, Pandeglang, Rabu (24/1/2018).*

PANDEGLANG, (KB).- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Pandeglang berhasil merazia belasan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Pandeglang, Rabu (24/1/2018) sekitar pukul 09.00. Saat dirazia, sebanyak 11 pelajar tersebut kedapatan sedang bermain playstation (PS) di salah satu tempat penyewaan permainan di Kampung Kebon Cau, Kecamatan Pandeglang berdekatan dengan SMP Negeri 4 Pandeglang.

Menurut anggota Satpol PP, Agus mengatakan, giat razia tersebut digelar berawal dari informasi masyarakat. Karena petugas menerima aduan ada belasan pelajar bermain PS saat jam pelajaran sekolah. Berbekal informasi itulah, petugas bergegas menuju tempat kejadian perkara. Tidak sia-sia, di lokasi tersebut petugas langsung merazia 11 pelajar.

Kasatpol PP Pandeglang, Dadan Saladin mengatakan, belasan pelajar tersebut dibawa ke Markas Satpol PP di Jalan A. Satriawijaya menggunakan kendaraan dinas patroli dan pengawalan (Patwal). Para pelajar tersebut diberikan arahan disiplin. “Kita beri arahan, seperti menghormat bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu lagu Indonesia Raya. Kebetulan, ada guru yang meminta bantuan Satpol PP untuk menertibkan para pelajar,” kata Agus.

Selain itu, petugas menerima informasi lewat pesan singkat dari kepala sekolah yang meminta petugas untuk memberikan peringatan para pelajar yang sedang main PS saat berlangsung jam pelajaran sekolah. Sementara itu, Kasatpol PP Pandeglang, Dadan Saladin membenarkan anggotanya merazia belasan pelajar di salah satu tempat mangkal bermain PS di Kebon Cau, Pandeglang.

Para pelajar sudah diberi arahan dan diminta untuk menandatangani surat pernyataan berisi tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Selain itu, petugas akan memberikan surat tembusan orangtua siswa untuk bisa ikut membimbing anak-anaknya. “Razia kali ini atas laporan warga yang menyebutkan ada pelajar mangkal di Kebon Cau sedang bermain PS. Berbekal laporan tersebut, petugas langsung cepat merazia belasan pelajar,” ujar Kasatpol PP Pandeglang Dadan Saladin.

Ia mengimbau para penyewa PS untuk tidak melayani pelajar saat jam belajar sekolah. Sebelumnya, petugas pernah merazia pelajar sedang bermain PS pekan lalu di Jalan Ciherang, Pandeglang. Salah seorang siswa yang terkena razia berinisial AK mengatakan, tidak masuk sekolah karena kesiangan. Akhirnya, dia memilih bermain PS ketimbang pulang ke rumah. “Saya kesiangan pak, makanya main PS,” ucapnya.

Siswa lainnya berinisial Ad merasa kesal karena dimarahi orangtuanya. Akhirnya dia memilih main PS.
Sementara belasan pelajar yang terkena razia tersebut berasal dari SMPN 1 Kaduhejo, SMPN 2 Pandeglang, SMPN 4 Pandeglang, SMPN 1 Karangtanjung dan SMA Pasundan. (IF)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here