Satpol PP Akan Tertibkan PKL Banten Lama

SERANG, (KB).- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten akan melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang pada Jumat (21/7/2017) mendatang. Penertiban PKL menjadi langkah awal dalam penataan salah satu cagar budaya di Provinsi Banten tersebut.

Kepala Satpol PP Provinsi Banten, M Basri mengatakan, berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan, kegiatan penertiban PKL di Banten Lama akan dilaksanakan bersamaan dengan acara gebyar bebersih bersama Pemprov Banten. “Kami selalu siap, siap kapan saja diperlukannya. Nanti pas Jumat (21/7/2017), yang ditertibkan itu PKL yang di pinggir jalan,” katanya seusai acara apel siaga di Halaman Masjid Raya Albantani, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Jumat (14/7/2017).

Dalam penertiban tersebut, pihaknya akan menerjunkan kurang lebih 200 petugas, terdiri dari anggota Satpol PP Provinsi Banten dan Satpol PP Kota Serang. Petugas yang diterjunkan akan menyisir PKL di pinggiran jalan sekitar Kawasan Banten Lama. “Petugas yang diturunkan minimal 200 personel dibantu dengan Satpol PP Kota Serang,” ujarnya.

Sebelum penertiban, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan PKL di Banten Lama, langkah tersebut menjadi salah satu upaya untuk menghindari adanya penolakan dan gesekan saat kegiatan berlangsung.  “Untuk yang Banten Lama sejauh ini sudah sinergi, tim dari kenadziran juga sudah mengimbau, kami juga mengimbau. Yang punya rakyat kan Kota Serang dan zuriat kesultanan, kalau mereka perlu penertiban ya kami turun,” ucapnya.

Ia menuturkan, penertiban yang dilakukan hanya bertujuan untuk menciptakan kondisi yang tertib, bukan untuk menghalangi masyarakat dalam berusaha. “Ini dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat, masyarakat juga kan butuh dagang, butuh makan. Cuma kan tempat atau cara lokasinya juga harus sesuai dengan ketentuan,” tuturnya.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Pembangunan Pemprov Banten, Ino S Rawita mengatakan, Pemprov Banten telah mengadendakan acara gebyar bebersih bersama pada Jumat (21/7/2017) mendatang. “Kerja bareng revitalisasi Kawasan Cagar Budaya Banten Lama. Gebyar bebersih bersama pada Jumat (21/7/2017), sekalian Jumat bersih. 2.000 orang yang bakal terlibat, semua ikut kabupaten (Pemkab Serang), kota (Pemkot Serang) juga ikut. Bahkan, nanti kami turunkan alat berat juga,” katanya. (H-51)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here