Kamis, 15 November 2018
Breaking News

Sarana Pendidikan Santri Harus Diperhatikan

SERANG, (KB).- Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Serang, KH. Matin Sarkowi meminta peringatan Hari Santri yang digelar setiap 22 Oktober tidak hanya sebatas rutinitas. Namun, dia berharap, pemerintah daerah (pemda) memerhatikan sarana pendidikan para santri, sehingga kualitas pendidikannya dapat terjamin. “Yang belum banyak tersentuh oleh negara ini di pondok pesantren salafi,” katanya saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan telepon, Ahad (22/10/2017).

Dalam sejarah, pondok pesantren salafi terbukti berperan penting dalam menguatkan karakter nusantara melalui program pendidikannya.  Artinya, ujar dia, pondok pesantren salafi telah menjadi bagian dalam menjaga NKRI. Pondok pesantren modern maupun pondok pesantren salafi mempunyai peran masing-masing yang perlu sama-sama dikuatkan secara seimbang.  “Pembangunan manusia harus lahir batin, ini fakta yang enggak harus ada yang menjaga kemajuan materialnya, tapi juga harus ada yang menjaga isi spritualnya, dan peranan pesantren salafi itulah letaknya,” ucapnya.

Berkaitan dengan peringatan Hari Santri Nasional. Ia menuturkan, momentum tersebut perlu disyukuri bersama oleh seluruh elemen anak bangsa. Sebab, melalui peringatan Hari Santri Nasional anak bangsa tidak lupa sejarah. “Bagaimana peranan santri dalam perjuangan kemerdekaan. Itu yang paling penting,” tuturnya. Lebih lanjut, dia mengatakan, santri telah banyak berkontribusi dalam pembangunan negara.

Peranan utamanya saat ini, kata dia, menjaga karakter dan moral dengan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara khas. “Tugas manusia itu kan masing-masing, ada yang jadi dokter, kalau jadi dokter tugas utamanya menjaga kesehatan,” katanya. Bukan hanya santri, para ulama yang sering diidentikkan guru para santri juga sama-sama berperan penting dalam menjaga NKRI. “Ulama dan santri tidak terlepas dalam pembangunan, santri bertahan pada aspek moralitas,” ujarnya. (SN)***


Sekilas Info

Urus Adminduk tanpa Pengantar, Disdukcapil Kota Serang Jalankan Perpres 96 Tahun 2018

SERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang mulai menerapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *