Senin, 18 Februari 2019

Sanksi Nonjob untuk ASN Harus Berefek Jera

SERANG, (KB).- Penonjoban terhadap belasan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Banten harus memberikan efek jera pada ASN lain. Kebijakan ini dapat dijadikan gambaran bagi ASN agar tidak main-main dalam melaksanakan tugas.

Diketahui, sebelumnya belasan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dinonjobkan. Mereka dianggap melakukan sejumlah pelanggaran seperti tidak pernah masuk selama dua bulan berturut-turut, menikah lagi dan menggunakan uang negara.

Informasi yang dihimpun, belasan pejabat tersebut berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemprov Banten, seperti Satpol PP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Inspektorat serta Biro Pemerintahan.

“Saya kira pantas dilakukan sikap tegas agar ini juga memberikan efek jera pada ASN untuk tidak mengulangi. Jadi tidak boleh main-main sekarang ASN di Pemprov Banten,” kata Wakil Ketua DPRD Banten Nur’aeni, Kamis (17/1/2019).

Sanksi nonjob kepada ASN yang dianggap melanggar menjadi spirit dalam reformasi birokrasi. Tujuannya agar ASN Pemprov Banten berbenah diri dalam meningkatkan integritas, kedisiplinan dan kompetensi.

“Penonjoban ini berdasarkan penilaian masing-masing pimpinan OPD, ataupun gubernur yang memiliki hak otoritas untuk bisa menilai ASN. Karena ASN akan melaksanakan kebijakan visi misi gubernur supaya visi misi berjalan,” tuturnya.

Semangat pembenahan ASN sudah menjadi tanggung jawab Pemprov Banten. Tanggung jawab ini juga dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, penonjoban diukur berdasarkan kinerja ASN.

“Itu mah kaitannya absen dua bulan engga masuk-masuk, kawin lagi, banyak, ada yang pake uang negara, disidang dia harus kembalikan (uang negara), nonjobkanlah,” ujarnya.

Ia memastikan, penonjoban telah dilakukan melalui serangkaian mekanisme, seperti memberikan teguran terlebih dahulu. Penonjoban juga memperhitungkan tingkat kesalahan yang dilakukan. “Kalau engga salah masa saya nonjobkan,” ujarnya. (SN)*


Sekilas Info

Jelang Pemilu 2019, Santri dan Ulama Banten Doa Bersama untuk Keselamatan Negeri

SERANG, (KB).- Ribuan santri dan ulama yang berhimpun dalam forum silaturahmi Ahli Sunah Waljamaah (Aswaja) …

One comment

  1. Aneh ya BKD pemprov banten suami saya selingkuh dgn istri orang dan skr menikah siri.ktnya sdh diputus tgl 4 desember 2018 oleh bpk gubernur dgn putusan dibebaskan dr jabatam tdk ada masa hukumannya, ko smp skr msh dikabid umpeg inspektorat dan masih pake mobil dinas yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *