Sampaikan ”Early Warning” Dana Kelurahan, Inspektur Pemkot Serang: Jangan Keluar dari Aturan

SERANG, (KB).- Inspektur Pemerintah Kota (Pemkot) Serang Kosasih menyampaikan peringatan dini (early warning) kepada kelurahan, agar berhati-hati menggunakan dana kelurahan yang akan dicairkan April 2019. Lurah diminta tetap mengacu pada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana kelurahan tersebut.

“Kami mengingatkan jangan sampai keluar dari juklak dan juknis. Peruntukan dana kelurahan ada 4 program 16 kegiatan. Jangan keluar dari situ,” katanya kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Inspektorat akan melakukan pengawasan sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 tentang kegiatan pembangunan sarana prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Dalam pasal 4 disebutkan ada 4 program dan 16 kegiatan yang bisa dilakukan oleh kelurahan.

“Jika keluar dari pasal 4 itu bisa menjadi temuan dan berhadapan dengan hukum,” ujarnya.

Selain itu, dana Rp 370 juta yang masing-masing akan diterima kelurahan itu juga dapat menjadi temuan jika tidak dimasukkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), tetapi tercantum dalam dokumen pelaksana anggaran (DPA) kecamatan.

“Atau tidak dimasukan di RKA ujuk-ujuk di DPA ada kegiatan yang lain, enggak bisa. Itu akan menjadi temuan kami, sehingga saya sudah mengingatkan teman-teman lurah termasuk kabag pemerintahan dan asda I sebagai leading sector pembinaannya,” ucapnya.

Ia menuturkan, pihaknya sudah berkonsultasi terkait penyusunan RKA dan DPA di kecamatan. Selain itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang selalu mengingatkan dalam setiap roadshow-nya di kecamatan untuk menghindari penyalahgunaan dana kelurahan.

“Saya sudah warning itu, pemeriksaan saya sesuai regulasi tadi, jangan sampai ada terdengar oleh daerah lain banyak bermasalah,” tuturnya.

Kabag Pemerintahan Kota Serang Ritadi B Muhsinun mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang sudah melakukan sosialisasi di semua kecamatan di Kota Serang. Selanjutnya, selain sosialisasi pihaknya juga akan melaksanakan bimbingan teknis (bintek) terhadap lurah di Kota Serang.

“Ya, (sosialisasi) di semua kecamatan. Terakhir tadi di Kecamatan Cipocok Jaya yang penyelenggaranya BPKAD Kota Serang, itu tadi baru sosialisasi awal, lanjutannya nanti ada lagi bintek,” kata Ritadi Pelaksana tugas (Plt) Camat Cipocok Jaya.

Ia menuturkan, dana kelurahan kemungkinan akan cair pada April mendatang. “Kemungkinan April, tapi kalau untuk lebih jelasnya bisa konfirmasi ke BPKAD,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam setiap kunjungan kerja, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang selalu mewanti-wanti lurah, agar berhati-hati dalam menggunakan dana kelurahan. “Saya harap lurah se-Kota Serang ini tidak ada masalah dalam penggunaan dana kelurahan,” ujar Wali Kota Serang Syafrudin. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here