Kamis, 18 Oktober 2018

Sampah Rusak Wisata Bahari

CILEGON, (KB).- Potensi wisata bahari di Provinsi Banten cukup luas dan bernilai tinggi. Sayangnya kekayaan tersebut, kurang mendapat perhatian. Bahkan, keindahan alam menjadi rusak akibat kebiasaan masyarakat dan wistawan yang membuang sampah di laut. Rusaknya keindahan terumbu-terumbu karang sebagai taman laut berlimpah, mendapat perhatian dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten.

Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki mengatakan, saat ini kondisi taman laut di Perairan-perairan Banten mengkhawatirkan. “Kami melihat spot-spot taman laut di Perairan Banten telah dipenuhi sampah. Ini sangat merugikan dunia wisata bahari Banten, karena itu semua pihak harus segera mengambil sikap,” katanya.

Salah satunya yang akan dilakukan oleh Lanal Banten, adalah membersihkan sampah yang mengendap di terumbu-terumbu karang dengan melibatkan para prajurit TNI AL. Kegiatan tersebut akan menjadi rangkaian perayaan HUT ke-73 RI yang akan dilakukan TNI dengan sejumlah pihak terkait. “Kami berencana akan melakukan bersih-bersih sampah di dasar lautan. Di mana kami bersama sejumlah klub divers (penyelam) Banten akan menyelam dan mengambil sampah-sampah yang mengotori terumbu karang,” ujarnya.

Selain bersih-bersih sampah, Lanal Banten akan menggelar pengibaran bendera di bawah laut. Seluruh kegiatan yang dilakukan dengan cara menyelam tersebut, mengisyaratkan kecintaan Lanal Banten terhadap kondisi bahari Banten. “Secara nasional, Indonesia ini mendapatkan berkah luar biasa. Di mana Tuhan memberikan wilayah perairan lebih luas dari daratan. Maka itu, sudah sepantasnya masyarakat memerhatikan kondisi perairan dan lautan. Minimal dengan tidak membuang sampah ke laut,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Banten Divers Comunity (BDC), Ferry Muhdiana menuturkan, apresiasi dengan perhatian Lanal Banten terhadap kondisi perairan di Banten. Pihaknya berencana ikut serta dengan kegiatan Lanal Banten membersihkan terumbu karang dari sampah. “Aprisiasi tinggi kepada Lanal Banten. Selain konsisten dalam menjaga keamanan perairan, Lanal Banten juga konsen terhadap kelestarian terumbu karang,” tuturnya. Pihaknya nanti akan ikut serta untuk menyelam dan membersihkan terumbu karang. (AH)*


Sekilas Info

Cilegon Tatap Kota Layak Anak Madya

Pemerintah Kota Cilegon berhasil mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat Pratama. Meski demikian, daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *