Rabu, 26 September 2018

Sambut Lebaran, Banten Promosikan Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengajak pemerintah daerah untuk mempromosikan dan menyosialisasikan destinasi wisata di masing-masing kabupaten/kota.

“Libur lebaran tahun ini cukup panjang. Ini momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan cara mempromosikan objek wisata dari sekarang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati di Serang, dikutip dispar.bantenprov. go.id, Senin (21/5/2018).

Selain promosi yang bagus, lanjut Eneng, dinas pariwisata kabupaten/kota harus menata destinasi-destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing. Promosi ini sangat tepat menghadapi liburan Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah.

“Lakukan penataan dan cari peluang kerja sama untuk promosi destinasi wisata,” kata Eneng Nurcahyati.

Menurut dia, Dispar Banten sudah menggelar rapat koordinasi dengan kabupaten/kota dalam rangka inventarisasi mengenai imbauan-imbauan kabupaten/kota terkait tempat hiburan. Termasuk mengangkat promosi rumah makan saat bulan Ramadan.

Semua kabupaten/kota sudah menyampaikan imbauan-imbauan serta aturan mengenai jam buka rumah makan dan tempat hiburan saat bulan suci Ramadan.

“Kita harus saling menghormati dan menghargai, makanya semua kabupaten/kota menyampaikan imbauan-imbauan terkait bulan puasa Ramadan,” ujar Eneng.

Selain itu, lanjut Eneng, berkaitan dengan promosi destinasi wisata untuk menghadapi libur panjang Lebaran 2018. Dispar Banten kerja sama dengan PT MMS selaku operator jalan tol Tangerang-Merak, yang memberikan peluang kepada Dispar untuk melakukan promosi wisata.

“PT MMS menyiapkan dua rest area untuk memberikan peluang promosi wisata bagi Dispar Banten terutama menghadapi libur lebaran tahun ini,” ucapnya.

Menurut Eneng, dua lokasi rest area tol Tangerang-Merak yang bisa dijadikan ajang promosi kepada masyarakat pengguna jalan tol untuk memilih tujuan wisata di Banten, yakni di KM 43 dan juga KM 68. Pihak MMS memberikan peluang kepada Dinas Pariwisata untuk melakukan promosi di lokasi tersebut melalui leaflet dan media promosi lainnya.

“Selain PT MMS, PT ASDP ikut memberikan peluang untuk mempromosikan dan menginformasikan pariwisata Banten ke pengguna kapal. Begitu juga ke Dinas Perhubungan yang akan menyelenggarakan mudik gratis di dalam wilayah Banten, agar ada tanyangan video atau foto-foto di kendaraannya untuk mempromosikan pariwisata di tanah Banten,” tutur Eneng Nurcahyati. (Endang Mulyana)*


Sekilas Info

Serentaun Kasepuhan Citorek, Menjaga Tradisi Mendongkrak Sektor Kepariwisataan

RITUAL adat tahunan komunitas masyarakat adat Kaolotan atau Kasepuhan di masyarakat adat Baduy di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *