Sambut Agustusan, Warga Persada Banten Gotong Royong Bersihkan Lapangan

HARI kemerdekaan Republik Indonesia masih sekitar dua minggu lagi. Namun, semangat kemerdekaan warga Blok E RT 10/RW 06, Komplek Persada Banten, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, sudah menggelora menjelang bulan kemerdekaan. Hal itu terlihat dari kegiatan gotong royong dalam rangka menyambut HUT Ke-73 RI di lapangan serbaguna Blok E, Ahad (29/7/2018).

Warga membersihkan lapangan yang akan dijadikan pusat kegiatan perlombaan ‘agustusan’ nanti. Pantaua di lokasi, warga berbondong-bondong menuju lapangan sejak pukul 07.30 WIB. Meski dengan peralatan seadanya seperti cangkul, golok, arit, dan peralatan tradisional lainnya, warga menunjukan semangat membaur dan berkolaborasi membersihkan rumput liar dan eceng gondok di irigasi buatan perumahan.

Ketua RT 10, Ibnu Budi mengatakan, kerja bakti kali ini lebih terfokus pada pembenahan lapangan serbaguna. Di saat bersamaan juga dilakukan pembersihan sungai yang dilakukan warga di empat RT yaitu RT 01/08/09/ dan 10.

“Lapangan ini nanti akan jadi tempat perlombaan saat agustusan. Insya Allah minggu depan sudah dicor supaya bisa dipakai pas lomba. Lapangan ini difungsikan sebagai ruang terbuka hijau dan nantinya ke depan bisa juga buat kegiatan-kegiatan lainnya,” kata Budi.

Menurutnya, kerja bakti tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang HUT RI. Ia mengapresiasi warga yang bersemangat ikut serta kerja bakti.

“Terima kasih untuk semua warga yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran, materiil dalam pelaksanaan kerja bakti bersama ini. Semangat seperti ini harus selalu dijaga agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat serta mempererat tali silaturahim antar warga,” ujar Budi.

Ketua Pelaksana Peringatan HUT RI, Muhamad Sidik mengatakan, kegiatan lomba rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memeriahkan agustusan. Spanduk, umbul-umbul, dan gapura khas agustusan pun sudah terpasang di gerbang masuk blok sejak beberapa hari lalu.

Menurutnya, kegiatan lomba tersebut sebagai bagian dari mengekspresikan kecintaan terhadap tanah air dan mengenang perjuangan para pahlawan yang rela berkorban demi bangsa Indonesia.

“Dengan kegiatan lomba nanti diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan menjunjung tinggi sportifitas. Selain itu, juga terus memupuk semangat persatuan dan kekeluargaan,” kata Sidik.

Ia mengatakan, perlombaan antara lain lomba balap karung, panjat pinang, mewarnai, pindah kelereng, pindah bendera, fashion show, lomba puisi, ambil koin di semangka, tarik tambang, dan sepeda hias. (Rifky)*

1 KOMENTAR

  1. Nah gini dong, warga nya gotong royong bareng bareng. Kan seru tuh, jangan sampai hilang budaya gotong royong kita meskipun jaman now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here