Saka Pramuka Bahari Tempat Tumbuhkan Bakat Produktif dan Kreatif

CILEGON, (KB).- Satuan Karya (Saka) Pramuka Bahari merupakan tempat untuk mencari minat dan menumbuhkan bakat serta keterampilan yang produktif dan kreatif di bidang kebaharian yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan kepentingan masyarakat.

Demikian dikemukakan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah saat menjadi pembina upacara pada upacara pembukaan “Pendidikan dan Latihan Dasar Kebaharian Angkatan ke-29 tahun 2019” di Markas Komando (Mako) Lanal Banten Jalan Yos Sudarso, Merak, Cilegon, Senin (1/7/2019).

Golkariansyah menjelaskan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Kebaharian ini bertema “Dengan Pendidikan dan Latihan Dasar Kebaharian Kita Kembangkan Diri untuk Berkarakter Sosial Bela Negara dan Cinta Tanah Air”. Sementara motonya  “Satyaku Ku dharmakan,  Dharmaku Ku Bhaktikan.”

Dia mengharapkan, dalam diklatsar ini, para peserta  mampu belajar dan berlatih berbagai keterampilan, kedisiplinan, serta membentuk pribadi yang lebih baik. “Selain itu, para peserta calon anggota Saka Bahari ini dapat menyerap ilmu yang diberikan para instruktur selama kegiatan berlangsung,” ujarnya.

Kader potensial

Golkariansyah menilai kegiatan ini terselenggara karena adanya semangat dan tekad serta keyakinan bersama bahwa Pramuka adalah kader pemimpin bangsa yang potensial yang memiliki jati diri yang tidak pernah berubah.

Oleh karena itu, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Gerakan Pramuka khususnya unsur pimpinan Saka Bahari Banten yang telah bekerja keras mempertahankan dan senantiasa mendampingi anggota Saka Bahari Kwarda Banten untuk tetap eksis berkegiatan baik di tingkat nasional maupun daerah.

Pada bagian akhir, dia berpesan  untuk para instruktur dan panitia diklatsar kebaharian selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu, dalam laporannya, ketua pelaksana kegiatan Didi Ruliansyah menjelaskan jumlah peserta Diklatsar Kebaharian Angkatan ke-29 ini sebanyak 116 orang. Mereka berasal dari kwartir cabang Pramuka se-Banten.

Selama mengikuti diklatsar, para peserta akan mendapatkan materi  keparamukaan, kebaharian,  dasar search and rescue (SAR),  sea survival, dasar keslap, dasar persandian morse,  semaphore dan persandian dasar TNI AL.

Kemudian dasar PBB, dasar PPM,  dasar/pengenalan scuba dan snorkling, pengetahuan kebaharian serta kemaritiman dll. Narasumber atau instrukturnya antara lain berasal dari personel Lanal Banten, Basarnas Provinsi Banten, Dinas Perikanan Kelautan (DKP) Labuan, dan Syah Bandar Labuan.

Seusai upacara pembukaan, Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah didampingi sejumlah pimpinan Pramuka dan undangan mengecek sejumlah peralatan latihan.

Hadir dalam acara tersebut Letkol Laut  (P) Arief Prasetyo Irbianto (Palaksa Lanal Banten) selaku Kapin Saka, Kapten Mar Ready Oktapriadi (Pasintel Lanal Banten), Kapten Laut (S) Husen (Ka Akun Lanal Banten).

Kemduian Lettu Laut (KH) Danius A. Sowong (Pjs. Paspotmar Lanal Banten), Direktur PT Fajar Pikiran rakyat Rachmat Ginandjar, Intan (DKD Banten mewakili Kwarda Banten), Mela (Ancu Saka mewakili Kwarcab Pandeglang), dan Saeful (Orgakum mewakili Kwarcab Kabupaten Serang). (Sgt)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here