Saka Bhayangkara Polda Banten Dikukuhkan

Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Polda Banten masa bakti 2019-2024 resmi dikukuhkan. Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir didaulat untuk memimpin Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara melalui prosesi pelantikan di Lapangan Tembak Haradaksa Polda Banten, Jumat (19/7/2019).

Disaksikan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Banten M Masduki, Kapolda Banten beserta jajarannya membacakan ikrar prasetya sebagai simbol pengukuhan Saka Bhayangka Polda Banten. Turut hadir sejumlah pejabat daerah, para pejabat utama Polda Banten, jajaran Kapolres, Danlanal Banten, dan para Saka Pramuka di wilayah Provinsi Banten.

Dalam amanatnya, Kapolda mengapresiasi kerja sama dan partisipasi yang telah diberikan Kwarda Banten kepada institusi kepolisian. Ia berharap, sinergi tersebut, masih tetap terjalin secara harmonis, agar bisa ditingkatkan kembalil hingga waktu yang akan datang.

“Tentunya, dengan adanya Saka Bhayangkara Polda Banten ini, selain bersinergi, kami juga mengajak kepada pramuka yang dibina di kesatuan lain bisa bergabung bersama untuk bertukar informasi dan pengalaman, sehingga kegiatan pramuka ke depan bisa jadi lebih baik,” katanya.

Selain itu, dia menitipkan pesan kepada para anggota pramuka, agar turut membantu peran kepolisian khususnya dalam menjaga situasi ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat (kamtibmas). Salah satunya, dengan menjadi pionir, untuk menangkal isu-isu negatif seperti hoax di era kemajuan teknologi sekarang ini.

“Kami bersama-sama melakukan pembinaan kepada mereka. Sekaligus kami menangkal pengaruh negatif dari era globalisasi dan kemajuan teknologi akibat medsos. Pergaulan bebas juga seperti narkotika, itu tentunya yang kami upayakan, agar mereka memahami dan menjauhi itu,” ujarnya.

Ia melanjutkan, para anggota pramuka juga akan dibekali keterampilan dalam fungsi dan tugas kepolisian, seperti keterampilan untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, pertolongan pada musibah bencana alam, dan pembekalan untuk kegiatan sosial masyarakat lainnya.

“Saya meyakini, para anggota pramuka merupakan generasi muda yang kuat dan memiliki nasionalisme tinggi untuk mengabdikan dirinya bagi bangsa dan negara. Karena ke depan, tantangan kami semakin besar khususnya bagi generasi muda tersebut,” ucapnya.

Sementara, Ketua Kwarda Banten M Masduki menyatakan, pengukungan Saka Bhayangkara Polda Banten merupakan sejarah baru di dunia kepramukaan di Provinsi Banten. Sebab, menurut dia, baru di jabatan Kapolda kali ini Satuan Karya Pramuka di lingkungan institusi kepolisian resmi dikukuhkan.

Semenjak berdiri pada 1981, Saka Bhayangkara di lingkungan institusi kepolisian, tutur dia, memiliki peran penting untuk tugas kepramukaan di Indonesia. Salah satunya, membekali para generasi muda tugas dan fungsi kamtibmas yang merupakan bagian integral dari institusi kepolisian. (Rifat Alhamidi/Yomanti)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here