Safari Ramadan, Wakil Gubernur Banten Berbagi Bantuan ke Pondok Pesantren

PANDEGLANG, (KB).- Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumi berbagai bantuan untuk pondok pesantren di Kabupaten Pandeglang, akhir pekan lalu.

Masing-masing pesantren memperoleh Rp 20 juta. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dalam Safari Ramadan di Pondok Modern Al Mizan, Kampung Cikole Kecamatan Maja, Kabupaten Pandeglang, asuhan KH. Anang Azhari Alie.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Ketua MUI Banten KH. A. Romly, Ketua Baznas Provinsi Banten Prof. Suparman Usman, dan Ketua Presidium Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten KH. Matin Djawahir.

Dalam sambutannya, Wagub berjanji akan terus meningkatkan bantuan untuk pondok pesantren. Dengan demikian, kualitas pesantren di Provinsi Banten juga akan terus meningkat.

Dikatakan, bantuan akan dibedakan dalam dua hal, pertama, insentif bagi pimpinan pondok pesantren. Kedua, hibah pengembangan pondok pesantren.

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan pengasuh pondok pesantren di Pandeglang, wagub juga menyinggung komitmen pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan menengah yang berkualitas dan aksesnya terjangkau masyarakat luas, mulai dari SMA dan SMK.

Sementara itu, KH. Matin Djawahir menegaskan, bantuan pesantren tidak boleh dianggap seperti uang selawat.

“Setelah ceramah atau memimpin doa, kiai umumnya menerima amplop dan tidak perlu dipertanggungjawabkan. Beda dengan uang selawat, bantuan dari pemerintah harus dipertanggungjawabkan disertai bukti berupa foto pekerjaan dan kwitansi. Jika dana bantuan digunakan renovasi asrama, jelas ada beda antara sebelum dan sesudah renovasi,” kata KH. Matin. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here