Saefa Faris Setya, Peslalom Muda Harumkan Banten

Usianya baru 19 tahun, namun kehandalannya mengemudi kendaraan roda empat melebihi orang dewasa. Dalam lomba Auto Gymkhana Kejurnas Slalom 2019 di Gor Arcamanik Bandung belum lama ini, Saefa Faris Setya tampil impresif sebagai peslalom termuda dan satu-satunya dari Provinsi Banten.

Dengan pesaing jauh di atas usianya, siswa SMAN 1 Kota Serang itu mampu menembus heat kedua di aksi perdananya itu. Putra kedua dari pasangan Septo Kalnadi dan Teten Yeni kelahiran Serang 1 Oktober 2002 itu, kini mulai diperhitungkan sebagai pendatang baru dalam lomba adu kecepatan melewati lintasan tersebut.

Apalagi, kehadiran Ais (sapaannya akrabnya) dalam arena Slalom tanpa sponsor. “Mudah-mudahan bisa mengharumkan nama Banten di tingkat nasional,” kata Ais, Minggu (11/8/2019).

Ia mengaku untuk ikut lomba itu merogok kocek sendiri dari hasil menabung dan bantuan orang tua. Dia berharap, kedepan bisa ada sponsor. “Saya sih inginnya didukung sponsor yang juga berasal dari Banten, bahkan identik dengan Banten. Mudah-mudahan ada,” ujarnya.

Ais mengatakan, pertama kali tertarik dunia Slalom dari sosial media (sosmed). Kebetulan, dirinya memang menyukai dunia otomotif. Dari pada terseret kegiatan negatif seperti balap liar, dia memilih menyalurkan minat dan bakatnya untuk berprestasi dan membuat orang tua bangga dan membawa nama baik daerah.

Sebelumnya, dia mengakui ada kekhawatiran dari orang tua jika hobinya itu menganggu sekolah. Namun, Ais membuktikannya dengan prestasi di sekolah maupun dunia Slalom. “Wajar, namanya orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Tinggal bagaimana membuktikannya bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Alhamdulillah, sekarang orang tua mendukung,” ucapnya.

Meski didukung orang tua, Ais tak ingin membebani. Oleh karena itu, dia berharap bisa terus berprestasi dan mendapatkan sponsor. “Buat saya, sekarang dengan restu dan doa dari orang tua sudah sangat luar biasa. Insya Allah ada jalan,” ucapnya. (Azzam)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here