Senin, 10 Desember 2018

Saber Pungli Kembangkan Kasus Calo KTP Elektronik

TANGERANG, (KB).- Tim Saber Pungli Polresta Tangerang melakukan pengembangan kasus penangkapan dua calo pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), yakni M (35) dan I (37) warga Kecamatan Tigaraksa. “Kami sudah mengamankan barang bukti dan meminta keterangan untuk pengembangan,” kata Ketua Tim Saber Pungli Polresta Tangerang, AKBP Oki Waskito, Jumat (2/3/2018).

Ia mengatakan, untuk mengusut kasus tersebut dan mengarah ke pegawai diperlukan petunjuk, bukti, dan saksi yang kuat. Hal tersebut sehubungan Tim Saber Pungli Polresta Tangerang menciduk dua calo pembuatan KTP-el yang beraksi di seputar kantor Disdukcapil setempat.

Kepala Disdukcapil Pemkab Tangerang, Syafrudin membenarkan ada laporan dua calo yang ditangkap petugas. Pihaknya berharap, petugas mengungkap pelaku lain, karena meresahkan warga yang hendak membuat KTP-el. Namun, dua calo tersebut, merupakan warga Kecamatan Tigaraksa dengan modus yang dilakukan, adalah menyetorkan uang setiap pekan sebesar Rp 1 juta kepada petugas magang di kantor Disdukcapil.

Seorang calo ditangkap di depan pintu masuk kantor Disdukcapil, Kawasan Pusat Pemerintahan Pemkab Tangerang di Tigaraksa dan lainnya diciduk terpisah. Para calo tersebut diduga berkerja sama dengan pegawai magang Disdukcapil dengan tujuan untuk mempermudah mengurus KTP-el. Setiap hari ribuan penduduk yang tersebar pada 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang harus antre untuk mengurus KTP-el di kantor Disdukcapil.

Kondisi tersebut dimanfaatkan calo untuk mendapatkan uang, karena sebagian warga enggan mengurus akibat banyak waktu tersita, karena harus antre. Menurut dia, pendalaman materi perlu dilakukan dan optimistis, kasus tersebut diungkap secara tuntas. Wakapolresta Tangerang tersebut enggan menjelaskan kronologi penangkapan calo tersebut dengan alasan masih dalam pengembangan. (DA)***


Sekilas Info

Bupati Tangerang Datangi Dua SDN Hasil Tukar Guling

TANGERANG, (KB).- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendatangi hasil pembangunan sekolah hasil tukar guling (ruilslag) dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *