Selasa, 19 Juni 2018
Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita membuka agenda musrenbang di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, beberapa waktu yang lalu.*

Rumuskan Perencanaan dalam Musrenbang

Memasuki bulan kedua tahun anggaran 2018, Pemkab Pandeglang mulai membuka agenda musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan atau Musrenbang kecamatan. Kegiatan tersebut menjadi agenda rutin tahunan untuk merumuskan program kerja dan perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan. Berkaitan agenda tersebut, Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita membuka agenda musrenbang kecamatan di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Senin (26/2/2018).

Dalam agenda tersebut, Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita meminta para peserta musrenbang kecamatan agar melakukan perencanaan yang baik dan cerdas. Sehingga hasil perencanaan tersebut sejalan dengan RPJMD Pandeglang. “Ini tahun percepatan pembangunan. Jadi setiap aparatur kecamatan harus mempersiapkan program kerja sesuai dengan rencana strategis pembangunan dan sejalan dengan harapan masyarakat,” ujar Irna seusai membuka acara musrenbang di Kecamatan Cadasari.

Menurut dia, ada beberapa sektor pembangunan lain menjadi prioritas pemerintah daerah. Selain sektor pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, dua sektor lainnya yakni pertanian dan pariwisata menjadi skala program pembangunan yang harus dituntaskan. “Semua potensi yang ada di kecamatan harus dikembangkan dan ditata. Usulkan skala pembangunan dan anggaran dalam musrenbang,” ujarnya.

Perencanaan pembangunan harus mengedepankan rasionalisasi anggaran secara profesional dan proporsional. Selain itu, usulan anggaran harus tepat sasaran dan terukur. “Saya harap lakukan perencanaan secara matang, jelas dan terukur. Sehingga apa yang sudah ditetapkan dalam perencanaan pembangunan harus dapat direalisasikan secara maksimal dan tepat waktu,” ucapnya. Perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan harus benar-benar objektif dan penganggarannya sistematis. Sehingga perencanaan tersebut tidak rapi secara administratif juga mampu direalisasikan menjadi program pembangunan tahun ini.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Pandeglang, Hj. Ida Hamidah menyambut baik agenda musrenbang tingkat kecamatan. Dia berharap aspirasi pembangunan dalam musrenbang tersebut harus bisa dilaksanakan menjadi produk pembangunan. “Paling tidak aspirasi dalam musrenbang bisa terakomodasi sekitar 70 persen. Karena aspirasi pembangunan tersebut sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat,” ucapnya.

Ida mengatakan, selaku lembaga legislatif akan mengawal hasil musrenbang kecamatan hingga ke tingkat musrenbang kabupaten. Dengan harapan hasil musrenbang tersebut bisa tercapai dan jangan aspirasi pembangunan tingkat kecamatan harus terealisasi. “Kita tidak ingin terjadi hasil musrenbang tiba-tiba melenceng dari apa yang sudah direncanakan. Kalau di musrenbang itu ada aspirasi pembangunan jalan lingkungan, tentu aspirasi itu harus terwujud. Jangan lantas saat dilaksanakan pembangunan aspirasi pembangunan tersebut tidak terealisasi. Ini akan menuai krisis kepercayaan warga terhadap hasil musrenbang,” tuturnya. (Galuh Malpiana)***


Sekilas Info

Turmahdi Wartawan Senior Kabar Banten Tutup Usia

PANDEGLANG, (KB).- Kabar duka dialami Redaksi Kabar Banten. Wartawan Senior sekaligus Kepala Biro Kabar Banten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *