Rumah Sakit Perbatasan Diminta Direalisasikan

LEBAK, (KB).- Sejumlah warga mendesak agar Pemerintah provinsi (Pemprov) Banten segera merealisasikan rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) perbatasan. Sebab, warga menilai rentang kendali ke RS yang ada di Banten sangat jauh, sehingga warga di wilayah perbatasan lebih memilih ke RS di daerah Jawa Barat.

Salah seorang warga Cilograng Ahmad mengatakan, hingga saat ini mayoritas masyarakat di Kecamatan Cilograng berobat ke RS di daerah Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat. Sebab, pelayanan kesehatan setingkat RS atau ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terdekat yang ada di wilayah Provinsi Banten seperti RSUD Malingpjng jarak tempuhnya terlalu jauh.

”Dibanding ke Malingping lebih dekat ke Pelabuhan Ratu Jabar. Karena itu tidak heran kalau warga Cilograng sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan setingkat RS ya ke daerah Jabar,” kata Ahmad.

Hal hampir senada dikatakan warga perbatasan lainnya, Asep. Menurut dia, keberadaan RS di Cilograng merupakan kebutuhan mendesak untuk pendekatan pelayanan karena rentang kendali ke RS yang ada di Provinsi Banten terdekat yakni RSUD Malingping terlalu jauh.

”Tetapi kami berharap jika ke depan keberadaan RS milik Provinsi Banten di Cilograng jangan hanya sebatas ada. Artinya, sarana prasarana penunjang dan dokter serta pelayanannya harus lebih baik dari RS di Pelabuhan Ratu Jabar. Sebab jika tidak, tetap saja masyarakat akan berobat ke daerah Jabar,” ujar Asep.

Anggota DPRD Banten, Iip Makmur mendorong agar pemprov segera merealisasikan pembangunan RSUD di Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak. Karena banyak masyarakat di daerah perbatasan berobat ke daerah Jabar.

“Kita ingin RSUD Cilograng segera dibangun. Banyak masyarakat yang berobat ke RS Pelabuhan Ratu,” ucapnya.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, isu rencana pembangunan RS di wilayah perbatasan oleh Pemprov Banten santer terdengar. Terlebih lahannya sudah dibebaskan.

“Lahan untuk pembangunan RS Provinsi Banten, informasinya di Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng, sudah dibebaskan. Dan memang akan dibangun karena itu kita dorong agar segera direalisasikan,” tuturnya. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here