RSUD Kota Serang, Pemkot Berharap Dana Pusat dan Pemprov

RSUD Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang masih mengharapkan bantuan dari provinsi dan pusat untuk melengkapi kekurangan-kekurangan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang. Saat ini, pemkot sendiri sudah mengajukan bantuan ke Pemprov Banten.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, tidak khawatir, meskipun realisasi anggaran untuk RSUD Kota Serang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang tidak maksimal. Menurut dia, sumber anggaran untuk bidang kesehatan bisa didapat melalui ‘tiga pintu’, yakni APBD Kota Serang, anggaran peme-rintah pusat dan provinsi.

“Kalau APBD di Kota Serang sekalipun pengajuan Rp 80 miliar direalisasi Rp 60 miliar, itu sebenarnya rumah sakit banyak bantuan baik dari provinsi maupun pusat,” katanya, Senin (12/8/2019).

Pada APBD tahun 2020, RSUD Kota Serang mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 63 miliar. Sementara, pada APBD Perubahan 2019 tidak ada alokasi anggaran yang besar untuk RSUD Kota Serang. Hal tersebut, dengan pertimbangan waktu yang mepet. “Di (APBD) perubahan ini kami sulit untuk mendapat anggaran lebih besar, karena lelang juga habis waktu,” ucapnya.

Menurut dia, meskipun alokasi sudah cukup besar pada APBD 2020, anggaran tersebut, masih belum cukup untuk melengkapi RSUD Kota Serang, sehingga pihaknya sudah mengajukan bantuan dana alokasi khusus (DAK). “Minimal itu di atas Rp 100 miliar, makanya kami berharap, sdari DAK dan provinsi, sudah kami ajukan itu,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Ikbal menuturkan, untuk kebutuhan RSUD bisa melalui ‘tiga pintu’, yaitu APBD Kota Serang, provinsi, dan dana alokasi khusus (DAK) pusat. “Tahun 2020 itu kami menganggarkan Rp 63 miliar, kalau di (APBD) perubahan sedikit,” tuturnya.

Saat ini, bantuan dari Pemprov Banten sebesar Rp 8 miliar diperuntukkan untuk alat kesehatan (alkes). Diharapkan pada September mendatang RSUD Kota Serang bisa membuka pelayanan. “Mudah-mudahan sebelum September sudah kami lengkapi, sehingga September sudah kami buka,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, kepastian peresmian RSUD Kota Serang belum jelas. Sebelumnya, grand launching direncanakan pada Agustus bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Kota Serang. Namun, mulur karena hingga saat ini sejumlah alkes serta sarana prasarana belum terpenuhi. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here