RS Pratama Menes Beroperasi 2020

Bupati Pandeglang, Irna Narulita meninjau hasil pembangunan Rumah Sakit Pratama di Menes, Pandeglang.*

PANDEGLANG, (KB).- Pemkab Pandeglang prediksi Rumah Sakit (RS) Pratama Menes akan beroperasi pada tahun 2020, karena masih belum rampungnya pembangunan fasilitas seperti alat kesehatan juga belum terpenuhi.

Bupati Pandeglang Irna Narulita memprediksi RS Pratama Menes bisa dioperasikan pada tahun 2020 mendatang. “2020 yah, karena memang ada tahapan proses yang harus dilalui. Kita sih inginnya RS Pratama segera beroperasi,” kata Irna, Selasa (16/4/2019).

Menurut Irna, yang menjadi permasalahan hingga menimbulkan tersendatnya pembangunan diakibatkan karena minimnya anggaran. “Jadi kan kemarin (tahun lalu) anggarannya belum cukup. Lalu, sudah diusulkan untuk dokumen izin operasionalnya, tetapi alat kesehatannya belum ada,” katanya.

Seperti diketahui, alat kesehatan tersebut dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Alat kesehatan ini dari anggaran DAK, hampir Rp 19 miliar. Jadi memang belum bisa beroperasi. Kami berharap awal 2020 sudah bisa dioperasikan,” tuturnya.

Irna menyebutkan, lelang untuk alat kesehatan sudah dipersiapkan dokomennya. Bahkan, Irna meyakini minggu ini lelang sudah bisa dilaksanakan. “Alat kesehatan sekarang tandernya sudah yah, mudah-mudahan nanti di minggu ini dilakukan lelangnya. Lalu persiapan tenaganya (sumber daya manusia),” ujarnya.

Sebelum RS Pratama beroperasi, Irna mengimbau agar gedung yang diperuntukkan sebagai RS itu bisa dimanfaatkan oleh puskesmas terutama Puskesmas Menes.

“Saya sih berharap bisa dipakai dulu untuk kegiatan apa gitu, seperti Puskesmas Menes bisa mengambil bagian di sana. Supaya bisa dilatih juga, dan terlebih tidak kosong. Karena, kemarin banyak yang hilang. Seperti kabel-kabel dan lainnya,” tuturnya. (Ade Taufik/IF)*

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here