Rp 80 Miliar Tahap Awal Sport Center

SERANG, (KB).- Pemprov Banten menggelontorkan anggaran senilai Rp 80 miliar untuk tahap awal pembangunan fisik sport center. Tahap awal pembangunan fisik sport center dimulai dari penataan lahan dan pondasi stadion utama.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, secara keseluruhan pembiayaan sport center dilakukan secara multiyears. “Iya jadi didorong melalui multiyears ya, tapi bertahap dimulai tahun ini. Multiyearsnya itu ada tahap pertama sekian persen, jadi kita sudah siap Rp 80 miliar di tahun pertama,” katanya, Jumat (18/1/2019).

Realisasi fisik tahap awal sendiri masih berkutat di administrasi. Instansi yang bertanggung jawab terhadap pembangunan tersebut, yakni Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) sedang melakukan peninjauan terhadap dokumen rencana pembangunan sport center.

“(Dokumen pengerjaan) masih belum masuk ke ULP (Unit Layanan Pengadaan), masih persiapan di DPRKP. Dia harus review dulu di Inspektorat dan Satgas BPKP (Satuan Tugas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), baru masuk ULP. Kalau kami siap saja (untuk memulai lelang) tinggal tunggu mereka,” ujarnya.

Peninjauan dokumen dilakukan atas permintaan Satgas BPKP. Ia mengatakan, tidak mempermasalahkannya karena pembangunan untuk pusat olah raga terbesar di Banten ini akan menelan anggaran sampai Rp 900 miliar. “Kalau multiyears itu kita sudah terima jadi. Sekarang inspektur minta direview dulu, mangga (silakan) karena itu masih ranah OPD dan Satgas BPKP. Masuk ke sini (ULP) sudah hasil review,” tuturnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, anggaran yang digelontorkan pada tahap pembangunan digunakan untuk membiayai penataan lahan, pembangunan pondasi stadion dan konsultan. Ia memperkirakan pembangunan sport center akan menelan waktu sampai empat tahun, terhitung dari 2019. “Empat tahun, terhitung dari 2019. Pembiayaan multiyeras,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menjelaskan, pembangunan sport center menjadi wujud komitmen Pemprov Banten dalam menunjang prestasi atlet Banten. Pembangunan sport center akan memberikan manfaat kepada pemerintah dan masyarakat Banten. “Mohon dukungan semua, agar dapat terealisasi. Karena ini cita-cita kami semua selain untuk kemajuan atlet Banten juga aksebilitas masyarakat,” katanya.

Ia berharap pembangunan sport center mendorong peningkatan prestasi atlet Banten, baik di tingkat nasional maupun internasional. “Sehingga ke depan prestasi atlet kami lebih baik lagi (dengan adanya sport center). Dengan kami memiliki sport center program pemerintah memasyarakatkan olah raga dan menggolahragakan masyarakat juga dapat berjalan,” tuturnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here