Rp 3,72 M untuk MTQ Kabupaten Serang

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,72 miliar untuk gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Kegiatan MTQ akan dilaksanakan di kawasan wisata Anyer – Cinangka mulai 18 hingga 22 Maret 2019.

Asda II Setda Kabupaten Serang Ajat Gunawan mengatakan, kegiatan MTQ kali ini akan dipusatkan di Hotel Marbella. Pelaksanaan diawali dengan pawai taaruf sekitar pukul 13.00 WIB yang dimulai dari Hotel Marina Daksa Anyer dan finish di lapangan Pasir Putih Florida Cinangka dengan jarak sekitar 1 kilometer.

“Yang ikut pawai dari OPD (organisasi perangkat daerah), Organisasi Masyarakat dan BUMD, kita kerahkan agar ikut meramaikan. Karena memang selain melaksanakan kegiatan MTQ ada misi lain, yaitu untuk rekonstruksi pascatsunami khususnya perekonomian yang masih sepi. Untuk anggarannya Rp 3,72 miliar,” ujarnya kepada Kabar Banten, belum lama ini.

Oleh karena itu, untuk menyukseskan misi pemulihan perekonomian tersebut, pihaknya mengimbau para peserta untuk menginap di hotel. Selain itu, pihaknya juga akan mencoba menjajaki hiburan religi dengan mengundang artis level nasional.

“Jadi supaya punya nilai jual, ada gaungnya keluar Kabupaten Serang, kita coba melalui itu (undang artis nasional), karena kondisi terakhir Anyer itu masih sangat sepi, aktivitas masih rendah, pantai-pantai juga sepi, biasanya Anyer itu dipenuhi bus, minggu kemarin nyaris tidak ada,” katanya.

Namun, ia menegaskan, pelaksanaan MTQ kali ini agak sedikit berbeda dengan sebelumnya. Ia juga mengimbau agar OPD menyiapkan bantuan sembako di kendaraan hias untuk disalurkan ke masyarakat. “Kita sudah siapkan surat edaran ke OPD,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang Febriyanto mengatakan, pihaknya telah mengkaji ulang rencana tersebut dengan terlebih dahulu melakukan survei menentukan titik lokasi yang tepat untuk digunakan perlombaan.

Dalam survei tersebut melibatkan Kesbangpol, Dishub, BPBD dan Diskoperindag. “Jadi dalam rencana awal MTQ itu memang kita pusatkan di Kecamatan Anyer dan Cinangka,” ujarnya.

Menurutnya, dengan digelarnya MTQ di Anyer – Cinangka diharapkan dapat memicu wisatawan untuk datang ke kawasan wisata yang belum lama ini diterjang bencana tsunami. “Sesuai dengan semangat pimpinan daerah untuk memulihkan perekonomian di kawasan pariwisata,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here