Rona Apriyana Pimpin IKA SKMA Banten

PANDEGLANG, (KB).- Rona Apriyana, SE, M.Si, terpilih sebagai ketua Ikatan Alumni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) pengurus daerah (Pengda) Provinsi Banten periode 2019-2024 mengantikan ketua pengda Banten sebelumnya Carso Susanto, dalam musyawarah daerah (Musda) II pengda IKA SKMA Banten, di Hotel Wira Carita, Pandeglang, Sabtu (13/7/2019).

Hadir dalam acara tersebut, ketua umum pengurus pusat IKA SKMA Dr. Abdul Kodir, ketua IKA SKMA pengda DKI Jakarta Raya Maman Sudirman, ketua IKA SMKA pengda Jawa Barat Aris Dwi Subiantoro, seluruh pengurus dan anggota IKA SKMA Provinsi Banten.

Pada Musda II IKA SKMA Pengda Banten tahun 2019 yang bertema “Dengan Silaturahmi Kita Tumbuh Kembangkan Jiwa Korsa IKA SKMA” tersebut, Rona terpilih secara Aklamasi setelah kedua calon ketua lainnya menyerahkan amanah kepada Rona yang disetujui oleh seluruh peserta musda dan dilantik serta dikukuhkan oleh ketua umum pengurus pusat IKA SKMA.

Ketua Umum IKA SKMA, Abdul Kodir menyampaikan bahwa keberlanjutan dan eksistensi IKA SKMA ini haru dijaga, sehingga perlunya pembentukan ataupun pergantian pengurus sesuai amanat AD ART IKA SKMA.

“Diharapkan ketua terpilih dapat lebih meningkatkan koordinasi yang baik dengan pengurus pusat, menjalankan program-program kerja yang sejalan dengan apa yang sudah dibahas pada rapat kerja nasional. Soliditas semakin meningkat, partisipasi dan kontribusi anggota juga diharapkan semakin meningkatkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya selalu berusaha menjadi ‘trader’ di dalam memberikan perhatian terhadap lingkungan dan kehutanan. Diantaranya penanaman pohon serentak seluruh Indonesia dengan tujuan mendorong masyarakat agar mau menanam pohon atau melakukan reboisasi.

“Tidak hanya menanam, namun kita mendorong masyarakat untuk memelihara lingkungan dan hutan. Tentu ini menjadi bagian program sosialisasi dan tugas organisasi agar bermanfaat bagi masyarakat. Ini juga bisa dilakukan secara melekat dengan peran-peran yang selama ini ada di PNS yang berada di dinas kehutanan provinsi dan pegawai taman nasional. Anggota-anggota IKA SKMA yang bekerja atau berdinas di instansi tersebut melakukan penyuluhan-penyuluhan. Jadi, melaksanakan tugas negara sekaligus menyampaikan misi-misi IKA SKMA,” ujar Abdul Kodir didampingi ketua IKA SMKA pengda Jakarta Raya Maman Sudirman.

Sementara itu, ketua IKA SKMA pengda Provinsi Banten terpilih, Rona Apriyana menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan program bakti sosial dan musyawarah cabang. Ia mengatakan, dibutuhkan sinergitas, silih asah, silih asih, dan silih asuh sesama rimbawan anggota IKA SKMA.

“Jadi itu yang pertama menjadi modalnya. Baru nanti masuk ke organisasi. Ibarat main bola, dibutuhkan kerjasama tim dan sinergitas untuk mencapai sebuah hasil. Agar organisasi itu maju, harus ada kerjasama tim tidak bisa jalan sendiri. Integritas dan sinergitas para rimbawan diantaranya ‘forest ranger’ atau polisi hutan, KKMA, dan alumni SKMA sangat dibutuhkan karena menyatu di dalam organisasi IKA SKMA,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here