Rocky Gerung : ”Undecided Voters” Berpotensi Pilih Penantang

SERANG, (KB).- Pengamat Politik Rocky Gerung menilai, undecided voters atau orang yang belum menentukan pilihan sebagaimana ditunjukkan hasil survei berpotensi melabuhkan pilihannya pada penantang petahana atau Prabowo-Sandi. Sebab, undecided voters umumnya didorong oleh keraguan terhadap petahana yang pada Pilpres 2019 adalah Jokowi.

”Dalam tradisi survei, kalau ada dua kandidat, undecided itu artinya undecided terhadap petahana, itu dasarnya. Tentu saja ada yang undiceded pada penantangnya. Tapikan yang udah terlihat jalan pikirannya, konsepnya, karena udah prestasi 4 tahun adalah petahana,” katanya seusai menjadi narasumber forum ‘Dialog Akal Sehat’ bertajuk “Budaya Politik dan Iklim Demokrasi di Banten” yang dilaksanakan di Graha Mahesa, Kota Serang, Senin (25/3/2019).

Jadi, kata dia, orang yang bisa melihat secara rasional pasti sudah menentukan. Jadi kalau ada undecided itu artinya undiceded terhadap petahana. Ia menjelaskan, undecided voters adalah mereka yang menolak memutuskan pilihan politik pada waktu survei dilakukan.

”Dia akan putusin (pilihan politik), karena dia undecided bukan golput (golongan putih). Kalau golput secara moral dia menolak memberi suaranya. undecided itu mereka yang ragu, mereka yang sedang menganalisa,” ujarnya.

Undecided voters yang didorong keraguan terhadap kinerja petaha merupakan fenomena luar biasa dalam kontestasi politik. Sementara kondisi yang biasa saja jika undecided disebabkan keraguan terhadap penantang petahana. ”Dua minggu sebelum pemilu undecided masih 17 persen itu artinya ada keraguan terhadap petahana,” ujar mantan Dosen Fislafat UI ini.

Salah satu bentuk keraguan undecided voters misalnya disebabkan petahana yang lebih banyak memamerkan pencitraan dibanding prestasi. Sebagai contoh ada ASN yang merasa heran tentang kebijakan Jokowi yang akan menaikkan gaji ASN.

Ia berpesan kepada masyarakat Banten agar berpolitik menggunakan akan sehat. Dalam rangkaian sejarah, di Banten telah banyak peristiwa penting yang mengajarkan berpikir secara radikal.

Terpisah, Sekretaris TKD Jokowi-Ma’ruf Provinsi Banten Bahrul Ulum menuturkan, klaim Rocky Gerung yang menyatakan undecided voters berpotensi pilih penantang petahana sah-sah saja.

”Karena Rocky Gerung adalah bagian dari tim 02, kami masih meyakini masyarakat Banten akan bangga memilih putra Banten, dan untuk meyakinkan masyarakat yang masih ragu dalam survei, itu adalah tugas kami sebagai Tim Kampanye Daerah di Provinsi Banten,” ucap Bahrul.

Ajak berpikir akal sehat

Sementara itu di Pandeglang, Rocky Gerung saat menjadi nara sumber dalam diskusi akal sehat membangun Banten yang digagas Partai Amanat Nasional (PAN), di Aula Cas Waterpark, Cikole, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang menegaskan, seorang pemimpin itu harus mampu membangun akal sehat dan harus cerdas memahami keinginan masyarakat.

Acara tersebut juga dihadiri politisi PAN, Tb. Dedi Miing Gumelar, tokoh masyarakat, pemuda dan warga penggemar Rocky Gerung. Selain itu, hadir sejumlah pengurus partai pengusung Prabowo-Sandi, seperti Gerindra, PKS, PAN, Partai Berkarya, dan sejumlah relawan.

Berdasarkan pantauan, para peserta dan warga termasuk penggemar Rocky Gerung sangat antusias mengikuti rangkaian diskusi. “Keberadaan saya di sini hanya sebagai penyalur atau kontributor akal sehat, karena seharusnya seorang pemimpin itu bukan membangun jalan tol, tapi membangun akal sehat. Selain itu juga pemimpin harus pintar memahami keinginan masyarakat,” ucap Rocky Gerung.

Ia berharap dari tanah Banten harus menjadi pelopor dalam membangun akal sehat. Dengan demikian, Rocky berharap akan lahir harapan besar untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Matahari akal sehat harus terbit di Banten dan tidak terbenam pada 17 April mendatang. Yang paling penting untuk Indonesia bukan pembangunan jalan tol, akan tetapi harus membuka dan membangun jalan pikiran,” tuturnya.

Menurut Rocky, pemimpin negara maupun daerah yang akan datang harus bisa berbuat seadil mungkin, agar tidak terjadi kesenjangan sosial maupun financial. “Agar kedunguan ini cepat berlalu, alangkah baiknya jika kita semua menggunakan akal sehat dalam menentukan pilihan, sehingga istilah kesenjangan sosial ini bisa teratasi,” katanya.

Sementara itu, Calon Anggota DPR-RI Partai PAN, Tb. Dedi Miing Gumelar berharap hasil diskusi tersebut bisa membuka hati masyarakat untuk melihat siapa saja yang turun langsung menyentuh masyarakat.

“Saya putra asli Banten dan daerah pemilihan Banten merupakan tempat kelahiran saya. Jadi saya menaruh harapan besar kepada masyarakat, kaum milenial, emak-emak dapat menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh presiden akal sehat bung Rocky Gerung. Sebab, tujuan diskusi ini untuk membuka pencerahan dan akal sehat kita semua dalam memajukan daerah dan bangsa,” ujarnya. (SN/Ade Taufik)*

1 KOMENTAR

  1. Saya sebagai warga Banten menolak kehadiran Rocky Gerung dan apapun yg dia katakan kepada masyarakat terutama kepada warga Banten khususnya karena ucapan-ucapan rocky gerung bersifat provokatif bisa memecah belah dan mengganggu kerukunan masyarakat di daerah Banten. Selain itu ucapan-ucapan rocky gerung yg sering membela atheisme sangat bertolak belakang dengan identitas warga Banten yg sangat religius dan Islami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here