Rizki Maulana & Nahrul Hayati Terpilih Sebagai Duta ‘GenRe’ Provinsi Banten 2019

SERANG, (KB).- Rizki Maulana dari PIK R Sehat Untirta Kota Serang dan Nahrul Hayati dari PIK R Kampung KB Gerudul, Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, terpilih sebagai Duta GenRe Provinsi Banten 2019 pada malam “Grand Final Pemilihan Duta GenRe Provinsi Banten 2019” di hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Rabu (24/4/2019) malam.

Sementara untuk juara kedua diraih oleh Aditya Alimawan dari PIK R Kampung KB Pajang Solid, Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda, Kota Tangerang dan Indah Damayanti dari PIK R Pelangi Poltekes Kemenkes Banten, Kabupaten Lebak. Sedangkan untuk juara ketiga diraih oleh Alwan Ali dari PIK R Mantap, MAN 1 Kabupaten Tangerang dan Mami Astuti dari PIK R Kampung KB Surianeun Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang.

Dalam ajang tersebut dipilih juara favorit yang dilakukan melalui polling di media sosial GenRe dan yang berhasil meraih juara favorit tersebut adalah Annisa Suhaeni dari PIK R Delima STIKES Salsabila Kota Serang. Selain itu, juga dipilih kategori Inspirator yang jatuh kepada Nahrul Hayati.  

Ketua Penyelenggara Pemilihan Duta GenRe Provinsi Banten 2019 yang juga sebagai Kasubbid Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Banten, Ida Maulida S.I.Kom.MAPS mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan Sosialisasi dan Promosi Program Generasi Berencana (GenRe) dan pengembangan PIK Remaja, sehingga diperlukan figur motivator dari kalangan remaja, sesuai dengan prinsip dari, oleh, dan untuk remaja.

“Figur motivator tersebut adalah Duta GenRe. Untuk mendapatkan duta GenRe tersebut, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten menggelar Pemilihan Duta GenRe 2019,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya, peserta melalui proses audisi dan terpilih 20 finalis Duta GenRe yang selanjutnya mengikuti rangkaian karantina baik di Kantor Perwakilan BKKBN, Provinsi Banten, dan hotel Mahadria untuk mendapatkan pembekalan tentang Program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). “Dari 20 finalis tersebut dipilih 5 besar dan 3 besar dalam acara ‘Grand Final Pemilihan Duta GenRe Provinsi Banten Tahun 2109’ di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang,” ujar Ida.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs Aan Jumhana M.Si mengatakan, BKKBN merespon permasalahan remaja melalui sebuah program yaitu program Generasi Berencana (GenRe) untuk membantu dan  memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja, yaitu remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari risiko Triad KRR, menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera serta menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya.

“Program ini diajarkan kepada para remaja melalui sebuah wadah bernama Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja yang didirikan di jalur pendidikan maupun jalur masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan peran Duta GenRe, sosialisasi dan promosi Program GenRe di kalangan remaja dirasa lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja, sehingga menjadi ramah remaja.

“Pemilihan duta GenRe bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi Program GenRe di kalangan remaja agar remaja memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan dirinya. Selain itu, mengembangkan citra positif Program GenRe melalui figur Duta GenRe dalam menghindari pernikahan dini, seks pra-nikah dan napza, serta meningkatkan promosi Program GenRe melalui jaringan komunikasi antara Duta GenRe dengan para remaja. Dan mengembangkan PIK remaja melalui pendekatan ramah remaja,” ujar Aan.

Program GenRe membantu para remaja menjalani 5 transisi kehidupan remaja, yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat, mempraktekan hidup sehat. Dalam kaitannya dengan isu terkini yaitu Bonus Demografi dan Revolusi Industri 4.0, program GenRe hadir sebagai program yang mendorong para remaja agar benar-benar menyiapkan diri menjadi SDM-SDM yang berkualitas sebagai penggerak pembangunan di masa depan.

“Diharapkan dalam era Revolusi Industri 4.0 ini, para remaja sebagai penduduk usia produktif memiliki skill yang terampil yang dapat menciptakan lapangan-lapangan usaha dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan Pemilihan Duta GenRe ini akan diperoleh teladan-teladan sebaya yang baik bagi remaja di provinsi Banten, dan 20 finalis ini dapat terus memotivasi dan memberikan penyadaran bagi remaja-remaja di provinsi Banten agar menghindari nikah dini, seks pra nikah dan napza, serta memotivasi para remaja agar terus aktif dalam Program GenRe, serta memiliki kesiapan dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0,’ ujar Aan. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here