Rabu, 26 September 2018

Ribuan Warga Terima Bansos Non-Tunai

SERANG, (KB).- Dinas Sosial Banten mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) non-tunai kepada 52 ribu penerima manfaat, Rabu (15/11/2017). Penyaluran bansos non-tunai tersebut bekerja sama dengan tiga bank, yaitu BJB, BNI dan Bank Banten.

Kepala Dinsos Banten Nurhana mengatakan, penerima manfaat tersebut terbagi ke dalam beberapa program, seperti Jamsosratu, rumah tidak layak huni (RTLH) dan lansia. “Untuk RTLH sebanyak 850 kepala keluarga, lansia sebanyak 2.500 jiwa dan anak-anak sebanyak 1.000 jiwa,” ujar Nurhana.

Penyaluran bansos non-tunai ini serentak dilaksanakan di tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan lima kabupaten/kota lainnya akan dilakukan Kamis (16/11). “Penyalurannya bertahap,” katanya.

Ia menjelaskan, penyaluran bansos non-tunai tahun 2017 ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini bantuan non-tunai dilakukan melalui mekanisme kartu multiguna.”Sebelumnya penyaluran bansos non-tunai melalui Kantor Pos dan Giro dengan menggunakan jasa wesel. Sedangkan tahun ini kartu multiguna yang bisa menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) yang berwarna hitam,” tuturnya.

Dengan adanya kartu multiguna ini, mempermudah penerima bantuan untuk mencairkan bantuan tersebut. Menurutnya, dengan komitmen dari tiga bank tersebut penyaluran bansos non-tunai bisa sampai ke pelosok daerah di Provinsi Banten. “Ketiga bank ini akan memberikan pelayanan kepada pemilik kartu multiguna, di mana saja mereka berada,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada penerima bansos agar tidak memberikan pin ATM kepada siapapun. “Iya kami juga meminta kepada penerima jika ada pendamping atau siapapun untuk meminta uang jangan diberikan. Kalau bisa laporkan orang itu ke kami. Jadi manfaatkan bansos itu dengan baik. Nanti kami akan kroscek kembali ke rumah penerima bansos,” ucapnya. (RI)***


Sekilas Info

Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Banten, Tiga Daerah Paling Rawan 

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019. Dari hasil penelitian Bawaslu …

One comment

  1. Tapi di daerah kami masih banyak pungli meskipun sudah di kasih atm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *