Ribuan Kendaraan Nunggak Pajak

LEBAK, (KB).- Sebanyak 115.791 unit kendaraan bermotor di Lebak tercatat belum membayar pajak. Kendaraan bermotor yang belum membayar pajak itu terhitung sejak tahun 2009 hingga 2019.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Rangkasbitung, Iwan Hermawan menjelaskan, sebanyak 155.791 unit kendaraan bermotor, terhitung dari tahun 2009 hingga 2019 belum membayar pajak. Kendaraan bermotor itu terdiri dari berbagai jenis plat nomor polisi di wilayah Kabupaten Lebak.

“Jika ditotalkan dengan jumlah uang dari ratusan ribu kendaraan itu, nilainya sangat fantastis hingga mencapai Rp 58.775.310.000,” kata Iwan Hermawan, Rabu (21/8/2019).

Agar jumlah kendaraan bermotor yang belum membayar pajak bisa ditekan, kata dia, maka pihaknya bersama aparat Satlantas Polres Lebak melakukan operasi rutin. Hal itu agar memperkecil tunggakan pajak pemilik kendaraan bemotor. “Kami laksanakan operasi dua kali dalam sebulan,” ujarnya.

Menurutnya, selama masih banyak kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak, maka pihaknya akan rutin pula melakukan operasi dengan pihak Satlantas Polres Lebak. Namun agar jumlah kendaraan yang belum membayar pajak semakin berkurang, maka pihaknya berharap kepada para pemiliknya untuk segera menyelesaikan pembayaran pajaknya.

“Daripada terkena razia dalam operasi, lalu mengganggu perjalanan, maka kami minta segera menyelesaikan pembayaran pajaknya,” ucapnya.

Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan pada UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Rangkasbitung Dadang Saepudin menambahkan, tahun ini target pajak kendaraan sebesar Rp 115 miliar. Dari nilai target pajak tersebut, hingga saat ini sebesar 62 persen atau Rp 60 miliarnya sudah tercapai.

“Kami harapkan bagi yang belum membayar pajak untuk sesegera mungkin dibayar. Jangan sampai mau membayar disaat kendaraannya terkena razia,” tutur Dadang. (Lugay/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here