Revitalisasi Banten Lama, Museum Kepurbakalaan Jadi Lokasi Sekber

SERANG, (KB).- Pemprov Banten memilih Museum Kepurbakalaan di Banten Lama sebagai lokasi sekretariat bersama (sekber) revitalisasi Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Dengan Sekber ini, pengawasan revitalisasi Banten Lama diharapkan berjalan secara optimal.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, sekber akan menjadi pusat bagi Pemprov Banten dan Pemkot Serang untuk sama-sama memantau perkembangan revitalisasi Banten Lama. Sekber ini akan dijaga petugas setiap hari. “Jadi dilihat nanti di sana yang kurang apa,” katanya saat ditemui usai mengikuti rapat Paripurna DPRD Banten di Sekretariat DPRD Banten, Kamis (2/8/2018).

Dalam sekber akan disediakan diagram berisi pengerjaan yang sudah dilaksanakan. Diagram ini juga menjadi salah satu acuan untuk mengevaluasi hasil pengerjaan. “Nanti teman-teman di pemprov bisa memantau, dari kota (Pemkot Serang) bisa memantau. Apa kurangnya, mana yang harus dilengkapi, apa yang harus menjadi tupoksi masing-masing pemerintah daerah bisa selesaikan,” ujarnya.

Melalui sekber, koordinasi antar instansi akan lebih mudah. Setiap instansi bisa menyampaikan apa saja yang dilaksanakan sesuai dengan kewenangannya. “Dalam kaitan pembenahan PKL atau dalam kaitan cagar budaya yang memang menjadi kawasan inti itu bisa dikerjasamakan. Kan selama ini di Kota Serang kami meminta untuk fokus mengembangkan pembangunan kawasan penunjang wisata,” ucapnya.

Sebelumnya, mantan Anggota DPR RI ini mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan 800 lapak dari baja ringan untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) yang direlokasi dari Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Lapak tersebut tepatnya berada di Terminal Sukadiri, Banten Lama. “Kurang lebih tadi kita siapkan 800 lapak, dari keseluruhan yang ada itu kita siapkan awning baja ringan untuk diisi, lapak itu 800,” tuturnya.

Relokasi ini hanya sementara sampai menunggu tempat untuk PKL berupa lokasi penunjang wisata yang dibangun oleh Pemkot Serang selesai. Kawasan penunjang wisata, kalau Kota Serang yang sekarang masih dalam proses pembangunan, yang sebetulnya tadikan PKL itu dipindahkan di kawasan penunjang wisata tersebut. Tapi dengan urgensi yang ada, langkah awal kita pemindahan ke Sukadiri sementara sampai selesai dari program pembangunan Kota Serang,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten, M. Yanuar mengatakan, sudah memasuki tahap pengerjaan. “Pokoknya 2 Desember harus sudah selesai. Kalau untuk plaza masjid 30 September sudah selesai,” ucapnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here