Senin, 18 Februari 2019

Revitalisasi Banten Lama Masuk Tahap Lelang

SERANG, (KB).- Revitalisasi atau penataan kawasan wisata religi dan cagar budaya Banten Lama di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, memasuki tahap lelang. “Saat ini melalui Perkim untuk revitalisasi Banten Lama fokus pada wilayah Masjid Agung dan Surosowan sudah masuk ke tahap lelang,” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di Serang, Kamis (1/2/2018).

Andika mengatakan, lelang revitalisasi dua elemen penting di kawasan Banten Lama tersebut ditarget selesai April mendatang. Setelah itu proses pembangunannya dimulai. “DED nya kan sudah selesai,” kata Andika. Menurut Andika, Pemerintah Provinsi Banten juga sudah melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan kios untuk pedagang di Banten Lama yang menelan anggaran sekitar Rp 4,3 miliar.

Pemprov Banten berencana menjadikan kawasan Banten Lama seperti Candi Borobudur. “Alurnya ada, sehingga cagar budaya tetap bagus, tidak rusak, tapi pengunjung juga melewati kios-kios,” ucapnya. Menurutnya, pada awalnya proses revitalisasi akan dilakukan secara integrasi sejak awal. Namun setelah melalui proses kajian dan pertimbangan, proses akan dilakukan secara terfokus. “Jalan kan sudah selesai dilakukan, setelah jalan dibuat, marka jalan dan penerangan jalan akan dibuat,” kata Andika.

Dalam proses revitalisasi ini, Pemprov Banten melibatkan tim kosultan yang dipimpin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Tim konsultan yang disebut bernama Urban tersebut menurut Andika sudah memberikan sejumlah saran kepada pemerintah. Salah satunya yaitu terkait alur cagar budaya. “Jadi alurnya seperti apa agar PKL juga tidak dirugikan, tapi kita juga punya Masjid Agung dan cagar budaya yang bersih,” katanya. (MH/Ant)***


Sekilas Info

Penertiban Bangunan Liar di Kalimati, Warga Ditenggat Hingga Triwulan II

SERANG, (KB).- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang belum menertibkan bangunan tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *