Senin, 19 Februari 2018
Gubernur Banten, Wahidin Halim didampingi Ketua Yayasan Banten Jaya Berkarakter, Subai menandatangani prasasti saat peresmian Kampus II Universitas Banten Jaya di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Kota Serang, Senin (6/11/2017).*

Resmikan Gedung Baru Unbaja, Wahidin Ingin Biaya Kuliah Terjangkau

SERANG, (KB).- Gubernur Wahidin Halim menempatkan sektor pendidikan sebagai prioritas dalam programnya selama lima tahun ke depan. Tak hanya mencanangkan pendidikan SMA/SMK gratis pada 2018, Wahidin juga ingin masyarakat Banten bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan biaya yang terjangkau.

”Pendidikan di Banten masih rendah ini menjadi fokus saya sesuai dengan visi dan misi pendidikan menjadi pioritas utama, dan memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin kuliah seperti perguruan tinggi yang memberikan biaya yang sangat terjangkau untuk masyarakat di Banten,” ujarnya, saat meresmikan gedung baru kampus II Universitas Banten Jaya Berkarakter di Jl. Syekh Nawawi Al Bantani Kp. Boru, Kec. Curug, Kota Serang, Senin (6/11/2017). Peresmian itu menandai gedung baru kampus II Unbaja Berkarakter akan difungsikan bulan Maret 2018 mendatang.

Wahidin mengatakan, adanya kampus baru Unbaja tak lepas dari perjuangan ketua yayasan yang merupakan seorang guru sehingga bisa mewujudkan sebuah perguruan tinggi di Banten. Ia menuturkan, kehadiran gedung ini kian meningkatkan kualitas semangat belajar mengajar sehingga Universitas Banten Jaya Berkarater mampu berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Serang.

”Sejak zaman Sultan Hasanudin sudah menuntut ilmu hingga menjadi seorang profesor. Kepada para akademisi, agar mahasiswa dapat semangat belajar dan memberikan kontribusi setelah lulus dari perguruan tinggi bisa kembali lagi ke daerah untuk sama-sama membangun Banten. Beri kesempatan kepada anak-anak yang kurang mampu untuk bisa berkuliah, dan di tahun 2018 program sekolah gratis SMAN dan SMKN tak perlu membayar semua menjadi tanggungan pemerintah,” kata WH.

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indoensia, Abas Sunarya mengatakan, perguruan tinggi di Banten khususnya Universitas Banten Jaya mengalami perkembangan untuk tetap bisa bersaing dengan kampus lain.

”Perguruan tinggi swasta bisa tetap bersaing dengan provinsi di luar Banten dengan perkembangan. Sekarang ini Unbaja bisa membangun kampus II setelah itu bisa membangun kampus III dan berikan kesempatan juga untuk masyarakat untuk dapat berkuliah dengan biaya terjangkau, kampus yang sesuai dengan kearifan lokal, dan perkembangan di bidang IT dan perkembangan global ini dapat mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya,” ucapnya.

Sementara, dalam acara tersebut juga sekaligus dilakukan pelantikan rektor baru, Dr. Sudaryono. Sudaryono menggantikan posisi Prof. Herman Haeruman yang habis masa jabatannya. Sebelum dilantik, Prof. Sudrayono mengucapkan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara jabatan di hadapan para dosen, mahasiswa Unbaja dan para hadirin. Pelantikan dilakukan Ketua Yayasan Drs. Subai.

Sudaryono mengatakan, sebagai rektor baru dirinya menyatakan siap menjalankan amanah dan melanjutkan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pimpinan sebelumnya. ”Saya mengajak seluruh civitas akademika Unbaja untuk bekerja keras, bekerja tuntas, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas,” katanya.

Menurutnya, Unbaja siap bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Banten. Kian tahun mahasiswa di Unbaja terus bertambah dalam kurun waktu 4 tahun belakangan. ”Kualitas Unbaja bukan dilihat dari gedung tapi dari program studi yang ada di Unbaja. Dalam pengelolaannya, apa lagi mahasiswa Unbaja semakin bertambah di empat tahun terakhir, tentunya pembangunan ini akan sangat diperlukan oleh dosen, karyawan dan mahasiswa dalam membangun kualitas,” ujarnya. (DE)***


Sekilas Info

KABAR BANTEN-UIN–BI TEKEN MOU

SERANG,  (KB).- Penandatangan kerjasama segitiga antara Kabar Banten, Universitas Islam Negeri (UIN) SMHB, dan Bank Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *