Reses Perdana, 85 Anggota DPRD Banten Serap Aspirasi Masyarakat

Andra Soni, Ketua DPRD Banten 2019-2024.*

SERANG, (KB).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten menggelar sidang paripurna agenda penutupan masa persidangan I tahun 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (19/11/2019).

Rapat tersebut menandai akan dimulainya reses perdana mulai tanggal 20 hingga 29 November 2019. Reses ini menjadi agenda kali pertama yang dilaksanakan anggota DPRD Banten periode 2019-2024 setelah dilantik 2 September lalu.

Ketua DPRD Banten Andra Soni mengatakan, reses merupakan agenda kerja rutin para legislator guna menjaring aspirasi dari masyarakat yang menjadi konstituennya. Ia berharap, kegiatan reses tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

“Kepada Pemprov Banten juga harus mampu buat kanal Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan (Simral). Jangan sampai aspirasi diserap tapi kemudian kami tidak diberikan kanalnya untuk menyalurkan aspirasi tersebut,” kata Andra Soni, kepada wartawan seusai paripurna.

Politisi Gerindra ini juga meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar optimal dalam menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui wakil rakyat.

“Kami berharap Simral ini betul-betul dijaga. Jangan hanya cuma program tapi eksekusinya enggak ada. Jadi kami berharap pemprov dalam hal ini OPD yang terkait dengan usulan-usulan masyarakat bisa maksimal,” kata Andra.

Andra tak menampik masih banyak aspirasi masyarakat yang masih belum bisa terealisasi maksimal. Oleh karena itu pihaknya mencoba mencari solusi agar aspirasi masyarakat bisa terealisasi dengan baik.

“Memang banyak aspirasi masyarakat belum bisa maksimal dilaksanakan. Ini juga sebagai bahan diskusi kami untuk mencari solusi. Terkadang kan ada usulan yang sebetulnya kewenangannya ada di kabupaten/kota. Makanya kami coba bangun komunikasi bagaimana bisa aspirasi itu dikoordinasikan supaya tetap bisa dikerjasamakan dengan provinsi. Mungkin dalam bentuk bantuan keuangan dan lainnya,” tuturnya.

Sekretaris DPRD Banten EA. Deni Hermawan mengatakan, seperti biasanya anggota DPRD melaksanakan kegiatan reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Ia berharap, reses yang dilakukan wakil rakyat bisa maksimal menyerap aspirasi untuk kemudian sebagai bahan masukan kepada pemerintah daerah.

“Harapannya anggota dewan bisa menggali aspirasi masyarakat, mengetahui secara real apa kebutuhan masyarakat. Selain itu juga kegiatan reses ini bisa menjadi ajang kontrol dewan terkait pelaksanaan APBD yang dilakukan Pemprov Banten,” tuturnya. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here