Republik Slokavia Tertarik Tangani Sampah di Kota Tangsel

Republik Slowakia atau Slovakia tertarik untuk berkeja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dalam rangka menangani masalah sampah. Kerja sama yang akan dijalin salah satunya, adalah mewujudkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di wilayah Kota Tangsel.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Slovakia Adiyatwidi Adiwoso menjelaskan, tentunya setiap daerah memiliki masalahnya sendiri-sendiri dan tak jarang untuk mengatasi masalah yang dihadapinya daerah tersebut, membutuhkan bantuan dari daerah lain.

Ia mengungkapkan, bahwa Republik Slovakia tertarik untuk berpartisipasi dalam proses menyelesaikan masalah sampah di Kota Tangsel. Untuk kembali meyakinkan Pemkot Tangsel, dia beberapa kali menjalin kerja sama dengan beberapa pihak termasuk pihak swasta.

”Apalagi, saya juga merupakan salah satu warga Tangsel. Jadi, saya tergerak juga untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan masalah sampah di Tangsel,” katanya, Ahad (20/10/2019).

Ia menjelaskan, Slovakia sendiri memiliki ketertarikan khusus mengenai pelestarian lingkungan, sehingga dia memastikan kerja sama dalam menyelesaikan sampah di Kota Tangsel juga tidak akan merusak lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto menuturkan, pihaknya semakin fokus untuk menyelesaikan sampah tanpa dampak dan tetap bisa melestarikan lingkungannya melalui program PLTSa.

“Jadi, seperti yang disampaikan, bahwa sampah per hari di Kota Tangsel, adalah 972 ton per hari. Melalui perhitungan itu, Pemkot Tangsel mengestimasi anggaran sebesar 126 juta dolar AS, dengan waktu pengerjaan selama dua tahun yang dimulai dari 2020 mendatang,” ujarnya.

Ia mengatakan, dari anggaran yang disediakan, pengelolaan sampah Waste Energy tersebut, nantinya akan berjalan selama 20 tahun. “Pengelolaan sampah mencapai 800 ton per hari dengan pengeluaran tenaga listrik mencapai 10 sampai 15 giga watt,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyambut baik dengan adanya tawaran kerja sama yang diajukan Slovakia. Wakil Wali Kota Tangsel mengatakan, Pemkot Tangsel telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mengatasi masalah sampah di wilayahnya.

“Termasuk menyediakan bank sampah yang tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Tangsel,” tuturnya. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here